Berita

Beranda Warta Berita
img
High-Level Meeting Country-Led Knowledge Sharing Event Internasional Comments (0) View (58)

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) bersama Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) sebagai perwakilan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), berpartisipasi dalam kegiatan  “Fourth High-Level Meeting on Country-Led Knowledge Sharing” (HLM4 on CLKS) di Nusa Dua, Bali, hari ini Senin (15/10)

Selengkapnya
img
Berita Sulawesi Tenggara Palu Donggala HHD HKD Gempa Tsunami Comments (0) View (72)

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan untuk membatalkan peringatan Hari Habitat Dunia (HHD) dan Hari Kota Dunia (HKD) yang sedianya diselenggarakan di Kota Palu pada 30 September silam sampai 3 Oktober. Menurut rencana semula, puncak peringatannya akan dilakukan pada Senin (1/10) ini di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kawatuna, Kelurahan Mantikulore, Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah

Selengkapnya
img
Berita Jawa Barat Cimahi Comments (0) View (99)

Setiamanah adalah kelurahan yang belum tertata dan cenderung kumuh. Kendati, bila menilik sejarah, kelurahan yang berada di pusat kota—dekat alun-alun—itu sudah lama berdiri, jauh sebelum Kota Cimahi, Provins Jawa Barat terbentuk. “Permasalahan kumuh belum dapat ditangani pihak pemerintah kota sepenuhnya hingga Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) hadir,” kata Lurah Setiamanah Sularno Muktiwongso.

Selengkapnya
img
Berita Kepulauan Riau World Clean Up Day Gotong Royong Comments (0) View (119)

Momentum World Cleanup Day 2018 mendapat perhatian khusus para pelaku Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri). Bersama sejumlah perwakilan elemen masyarakat, pelaku Program Kotaku ikut berpartisipasi di acara World Cleanup Day 2018 yang diterjemahkan sebagai Gotong Rotong Sedunia yang diselenggarakan di Kawasan Pelantar 1, 2, 3, Kelurahan Tanjung Pinang Kota, pertengahan September 2018 ini

Selengkapnya
img
Kepulauan Bangka Belitung Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kabupaten Bangka Pokja PKP Comments (1) View (312)

Sebagai upaya mewujudkan nol hektare (0 Ha) kumuh di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diadakan kegiatan peningkatan kapasitas (pelatihan) bagi camat, lurah/kepala desa, dan BKM di lokasi dampingan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) untuk lokasi kumuh dan pencegahan. Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran mengenai peran pemda sebagai “nakhoda” dalam penanganan kumuh, membangun kolaborasi untuk mencapai 0 Ha luasan kumuh.

Selengkapnya
img
DKI Jakarta KKN Akademisi Comments (0) View (148)

Kolaborasi Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) dengan dunia pendidikan kembali bergulir. Buktinya, Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta menggandeng Program Kotaku dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik di beberapa titik daerah kumuh yang ada di Provinsi DKI Jakarta, Banten, Yogyakarta, dan Tasikmalaya, Jawa Barat. Peresmian kolaborasi dan pelepasan 541 mahasiswa peserta KKN tersebut dilaksanakan di Kampus UBL Jakarta, di pertengahan Juli 2018.

Selengkapnya
img
NTB Lombok Gempa Bumi Tanggap Darurat Comments (0) View (161)

Gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang melanda daerah Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan sekitarnya pada Minggu (29/7) pagi lalu menimbulkan dampak luar biasa bagi lokasi terdampak. Diketahui, ribuan rumah rusak (ringan, sedang, dan berat), ratusan orang luka-luka, bahkan belasan orang dinyatakan tewas tertimpa bangunan yang runtuh akibat gempa tersebut.

Selengkapnya
img
Jawa Tengah KMP-2 Sertifikasi Tenaker Asesmen Tenaker Pelatihan Keterampilan Comments (0) View (143)

Kualitas infrastruktur yang terbangun melalui Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) harus terjamin baik dan berfungsi. Target itulah yang memicu inisiasi Direktorat Kerja Sama dan Pemberdayaan Direktorat Jenderal Bina Konstruksi dengan Direktorat Pengembangan Kawasan Permukiman Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Sertifikasi Tenaga Kerja Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Gelanggang Olah Raga Jatayu, 25-26 Juli, Kota Pekalongan, Jawa Tengah

Selengkapnya
img
Sulawesi Selatan Makassar Kolaborasi IUWASH Plus Comments (0) View (323)

Persoalan kumuh adalah persoalan yang multikompleks dan multidimensi, sehingga penyelesaiannya pun harus melibatkan multipihak. Persoalan kekumuhan perumahan dan permukiman merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat maupun lembaga peduli lain. Begitu rumitnnya persoalan kekumuhan, sehingga kolaborasi menjadi “harga mati” yang tidak bisa ditawar lagi. Guna mencapai tujuan dan outcome tersebut, Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) memiliki strategi dasar, yakni kolaborasi seluruh pelaku pembangunan, dalam penanganan permukiman kumuh.

Selengkapnya
img
Berita Penghargaan Cipta Karya Kemenkeu Kemen PUPR Comments (1) View (417)

Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menerima dua penghargaan dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia di Gedung Jusuf Anwar Kementerian Keuangan pada Kamis (19/7) kemarin. Dua penghargaan tersebut diraih melalui Program Integrated Community Driven Development phase 3 (ICDD III) sebagai Peringkat II Executing Agency Pengelola Kas Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) Tahun 2017, dan Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) sebagai Peringkat III Executing Agency Pengelola Kas Pinjaman dan dan Hibah Luar Negeri Tahun 2017.

Selengkapnya

 

    Bagi rekan pelaku dan pemerhati KOTAKU yang ingin mengirimkan tulisan partisipatif, silakan kirim berita/artikel/cerita/feature terkait kegiatan KOTAKU ke Redaksi:
    kotaku.nasional@gmail.com

    Ketentuan pengiriman Tulisan :
    1. Berformat document Ms Word (.doc, .docx) disertai foto dan keterangan foto.
    2. Foto sebaiknya berformat .jpg, jpeg, .png atau .tiff. resolusi minimal 1024px x 768px.
    3. Foto dikirimkan via email dan dilampirkan terpisah dari dokumen tulisan (tidak di dalam dokumen).
    4. Font tulisan Times New Roman ukuran 12, spasi single, 1 - 2 layar atau maksimal 2.500 karakter (tanpa spasi).

    Apabila sudah terdaftar sebagai member website KOTAKU, Anda bisa langsung mengirim Tulisan dengan klik Kirim Warta .

    Selanjutnya, bila tulisan tersebut dianggap layak, maka tunggu tanggal tayangnya di website ini.