Pengaduan On-Line

Mohon Saran

NUNU Mar 24,2010
sy adalah faskel yg baru mendampingi kelurahan, sy sebut sj di BKM A. Di BKM A ini Koodinatornya memecat UPK dan Sekretaris tanpa ada persetujuan semua anggota BKM yg lain (keputusan individu Koor.)sehingga proses pembukuan UPK dana Bergulir dan Sekretaris pembukuan dihandel semua baik insentif (gaji)UP2 lainnya di ambil semua oleh Koord, dan ini berjalan hampir setahun, anehnya aktivitasnya ini tidak tercium oleh semua anggot BKM yang Lainnya,terakhir ada BOP dan SHU (sisa hasil Usaha) UPK habis sebesar 3 jt lebih raib di ambil oleh sikoordinator untu kepentingan pribadi(memperkaya diri,,penggunaan SHU juga tanpa koordinasi anggota BKM yg laiinya. sepengetuan SY SHU peruntukannya sekian persen Masuk Ke BOP BKM Terus Ke lingkungan, Sosial, Ekonomi dan Reword, tapi ini tak terrealisasi semuanya di ambil oleh Koordinator untuk kepentingan Pribadi. sy mohon saran dan pendapat tema2 faskel apa yg harus sy lakukan dalam posisi sebagai Faskel,, bagma pengendaliannyaa, pendampingannya ke masyarakat,, perlukah sy melaporkan ini ke pihak yg berwajib bersma anggota bkm yg lain?? karna sudah ada indikator2 dengan sengaja menggunakan dana(penggelapan dana) untuk kepentingan Pribadi,,, kmd bagaimana klo ada Faskel menerima dana SHU dari BKM???

Tanggapan 1

Posted by |Mar 29, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Ita Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Mohon maaf atas keterlambatan dalam menanggapi pengaduan anda. Rekan ita sebaiknya anda melakukan audit internal terhadap BKM yang bersangkutan. Mohon anda didampingi askot ekonomi untuk melakukan ini. Bila hasil audit yang anda dan teman-teman faskel lakukan terjadi indikasi penyimpangan dana dalam pelaksanaan program, maka sampaikan hasil tersebut pada rembug/pertemuan pengurus BKM (kalau perlu libatkan Kepala Desa/Lurah dalam pertemuan tersebut). Bila ternyata hasil audit positif adanya indikasi penyimpangan dana, maka pengurus BKM harus melakukan pertemuan dengan warga desa/kelurahan untuk memutuskan apakah perlu dilakukan pemilihan ulang terhadap pengurus BKM (koordinator). Bila dalam pertemuan tersebut masyarakat dan pengurus BKM yang lain memutuskan permasalahan ini ke pihak yang berwajib, maka posisi anda adalah memfasilitasi bukan memutuskan permasalahan tersebut. Peran anda Rekan Ita adalah memastikan bahwa pelaksanaan sesuai dengan PJM Pronangkis dan selalu berkomunikasi dengan rekan-rekan fasilitator untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Perlu diingat bahwa Faskel tidak boleh menerima dana apapun dari BKM. Bila diketahui menerima dana dari dana BLM maka Faskel akan dikenakan sanksi pemecatan. Semoga Sukses Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.