Pengaduan On-Line

Status Organisasi BKM

Rahadi May 1,2010
apakah Organisasi BKM termasuk independen? dan apa boleh kepala desa mengatur BKM mohon dijawab dengan aturran undang - undangnya terimakasih

Tanggapan 1

Posted by |May 10, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Mumuh Supriadi Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Kelembagaan PNPM Madiri di desa/kelurahan (LKM/BKM) adalah lembaga keswadayaan masyarakat yang dibentuk , ditetapkan oleh masyarakat, dan bertanggungjawab kepada masyarakat melalui musyawarah desa/kelurahan. Lembaga ini berfungsi secara kolektif dan bertanggungjawab terhadap pengelolaan kegiatan PNPM Mandiri di desa/Kelurahan. Prinsip pemilihan keanggotaan dan kepengurusan lembaga tersebut adalah langsung, umum, bebas dan rahasia. Proses pemilihan dilakukan dengan cara: tanpa kampanye, tanpa pencalonan, berjenjang mulai dari tingkat basis dengan menggunakan kartu pilih, berdasarkan rekam jejak perilaku dan perbuatannya. Keanggotaan dan kepengurusan bersifat suka rela dan periodik berdasarkan kesepakatan masyarakat. Mengenai peran kepala desa terhadap program PNPM Mandiri Perkotaan adalah mendukung program ini dengan membantu memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa program ini untuk menanggulangi kemiskinan di wilayahnya. Sedangkan terkait dengan BKM/LKM adalah sebagai mitra dalam mensukseskan program ini bukan melakukan intervensi atau mengatur BKM/LKM. Untuk dasar hukum mengenai program ini selengkapnya dapat dilihat pada situs: http://www.pnpm-mandiri.org/images/stories/pedum_final.pdf hal 25 Demikian yang dapat disampaikan semoga bermanfaat. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.