Pengaduan On-Line

MOHON EVALUASI&TRANSPARANSI

Yani Eka Jun 5,2010
Saya ingin berkeluhkesah ttg pelaksanaan PNPM-MP di Kel. Manisrenggo Kec. Kota - Kota Kediri. Meskipun tanpa bukti otentik, keluhan saya ini benar2 ada dan terjadi. Kronologis : 1. PNPM-MP di kel. kami dilaunching sekitar 1 tahun yll ( april/mei 2009), mulai pd saat itu dan pertemuan2 berikutnya, pendamping menyampaikan bahwa PNPM-MP adlh bantuan murni yg sepeserpun baik pengurus maupun lembaga2 yg ada didalamnya tdk diperbolehkan memungut uang, dgn cara apapun. 2. Waktu berjalan, smua ketua RT telah melakukan tahap2 yg diharuskan, meskipun banyak ketua RT yg ngeluh krn tidak adanya biaya utk rapat2. 3. LKM, UPL, dll. terbentuk, dan sudah ditentukan person2nya. Program2 terbentuk termasuk penentuan biaya2nya. 4. Tiba saatnya dana sdh cair. Pendamping sdh tdk konsisten lagi. Dia merekrut org2 yg seharusnya tdk terpilih dlm pos2nya, termasuk org yg menangani bantuan fisik, sama sekali bukan org2 yg tau PNPM-MP dari awal. Tau2 mereka dipasang, lebih parah lagi, "calon" suami dari pendamping tau2 nongol dan ikut2an menentukan plafon biaya terhadap sasaran yg mendapatkan bantuan. Saya bingung, dan banyak anggota LKM dan Ketua RT+RW yg mengeluhkan hal ini. 5. PNPM-MP yang dulu kata pendampingnya hrus transparan dgn memasang tabel keuangan, di tempat2 strategis, sampai saat ini hanya beberapa saja yg ada utk formalitas saja. 6. Sampai saat ini masyarakat tdk mengetahui sejauh mana penggunaan dana2nya. 7. Sekretaris LKM yg dulu terpilih, sekarang digantikan org lain. Pertimbangan sekretaris mengundurkan diri adalah agar dia tidak disangkutpautkan apabila sewaktu2 terjadi skandal, dalam hal ini penggunaan dana2 PNPM-MP. Mohon perhatiannya utk mengevaluasi pelaksanaan PNPM-MP di Kel. Manisrenggo Kec. Kota - Kediri agar citra PNPM-MP dan pemerintah tetap baik di mata warga masyarakat kami. Terimakasih atas perhatiannya. :):)

Tanggapan 1

Posted by |Jun 8, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Warga Miskin Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Kami akan fasilitasi pengaduan anda dengan mengirim pengaduan ini via email ke KMW Provinsi Jawa Timur. Dan akan menayangkan hasilnya bila telah ada klarifikasi dari pihak yang terkait. Demikian yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.