Pengaduan On-Line

BOP BKM

PLANNER Aug 23,2010
Mau tanya nih... kepada yang baca 1. untuk apa saja dana BOP BKM boleh di gunakan??? 2. adakah batasan pengeluaran dana BOP BKM untuk penggunaan tertentu???(MIN-MAX) 3. adakah sanksi penggunaan dana BOP BKM yang tidak benar??? 4. penggunaan BOP BKM untuk 1 item tetapi sangat besar!!! bolehkah??? 5. adakah sanksi bagi fasilitator yang menggunakan dana BOP BKM??? 6. ...........bersambung, masih banyak lagi yang mau di tanya, bolehkah??? Salam PNPM

Tanggapan 1

Posted by |Aug 24, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan LSM di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Dalam pengelolaannya dana BOP BKM ini dapat digunakan untuk keperluan : - Biaya Rapat BKM/UP-UP - Insentif sementara UPK, UPL, UPS dan Sekretariat - ATK UPK, UPL, UPS dan Sekretariat - Biaya rumah tangga sekretariat (listrik,telepon,PAM) - Transport UP-UP dan Sekretariat - Biaya penggandaan dokumen pencairan dana BLM - Biaya-biaya lain atas persetujuan rapat BKM, dan biaya operasional BKM ini tidak dapat digunakan untuk honor/insentif anggota BKM. Untuk sanksi bagi penggunaan BOP BKM yang tidak benar, bisa dilihat dalam AD/ART BKM ybs, sedangkan sanksi bagi fasilitator yang menggunakan dana BOP BKM ataupun dana kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan adalah tegas didalam kontrak Pasal 5 SANKSI tertulis : (5) PIHAK PERTAMA langsung melakukan pemutusan hubungan kerja kepada PIHAK KEDUA dan akan diajukan kepada pihak berwajib untuk diproses secara hukum serta PIHAK KEDUA berkewajiban untuk mengganti segala kerugian yang diakibatkan oleh perbuatannya, apabila : a. PIHAK KEDUA melakukan pemindahtanganan pekerjaan kepada pihak lain tanpa sepengetahuan dan persetujuan PIHAK PERTAMA b. PIHAK KEDUA terbukti melakukan korupsi dana Bantuan Langsung Masyarakat PNPM P2KP atau dana kegiatan PNPM lainnya. c. PIHAK KEDUA terbukti melakukan kebohongan publik seperti membantu BKM/UP-UP/KSM membuat bukti-bukti palsu laporan keuangan. d. PIHAK KEDUA terbukti melakukan tindakan perbuatan yang melanggar hukum negara. ..... dst Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by PLANNER |Aug 27, 2010|
  1. Sebelumnya terima kasih untuk web admin PNPM yang telah merespon pengaduaan ini Saya merasa puas dengan jawaban yang telah di sampaikan web admin di forum ini, tetapi ada beberapa poin yang belum terjawab mungkin terlupakan oleh web admin PNPM. seperti di poin ke-2, web admin tidak menjelaskan batas maksimal (MIN-MAX), contoh adakah batasan atau wajarkah dalam pengandaan laporan BKM yang menelan dana hampir 1 jutaan rupiah. Nah saya kira BKM tidak berani untuk menggunakan dana BOP yang begitu banyak, tetapi ada pelaku di lapangan yang memanfaatkan dana BOP BKM yang notabene pengandaan laporan ditujukan ke pucuk beberapa pemerintahan setempat, nah masih banyak lagi maanfaat dana BOP BKM untuk keperluaan yang lain bukan hanya untuk pengandaan saja, tetapi untuk penunjang kemajuan BKM seperti web admin sampaikan diatas. Saya tahu menjadi anggota BKM itu penuh dengan kerelawanan dan itu tidak gampang, tetapi BKM di merasa terbebani dengan ulah beberapa pelaku di lapangan. BKM tidak berani mengungkapkan masalah ini tetapi mereka mengeluh, tentu saja karena pelaku di lapangan. Oleh karena itu saya merasa lega ketika web admin PNPM menuliskan sanksi2 dalam kesepakatan kerja ataupun kontrak kerja. Dalam kesempatan ini saya tidak bisa memberikan informasi di daerah mana kejadian ini terjadi, tetapi saya akan memberikan informasi lebih lanjut "jika" web admin PNPM membutuhkan informasi ini, semata untuk menekan angka kemiskinan di Indonesia. Salam Pemberdayaan.

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.