Pengaduan On-Line

KENAPA DAN KEMANA

kusumaningjati Aug 31,2010
Sebelumnya mohon maaf, ketika penentuan desa mana yang bantuan APBDnya di pending dari senior fasilitator tim XVIII di Kecamatan karanganom, Kabupaten Klaten menyatakan bahwa ada 3 desa yang di pending, yaitu esa Soropaten, Desa gempol dan Desa karangan. ketika saya mengajukan pertanyaan berdasarkan apa, dia menjawab yang menentukan peringkat adalah tim faskel termasuk Senior Fasilitatornya. Disinilah yang menjadi pertanyaan saya saat itu kenapa desa yang dana BLMnya ada pemotongan dan BLM dalam waktu 2 x 24 jam tidak diserahkan ke KSM malah tidak mendapatkan sanksi dan malah termasuk desa yang sudah cair untuk DIPA 2009, sang senior fasilitator hanya mengatakan itu karena secara administrasi mereka lancar walaupun ada kasus seperti diatas tadi. Padahal saat pertemuan koordinator LKM setelah percairan BLM I DIPA 2008 Faskelnya termasuk Senior fasilitatornya mengeluh dan mengaku pusing dengan kejadian tersebut. Dengan peristiwa seperti itu saya jadi bertanya - tanya tugas Fakel termasuk Senior fasilitatornya kan menjadi pendamping desa dampingannya, lalu apa hal semacam ini bisa dikatakan pendampingan ? Sebelumnya saya mohon maaf, tapi sebagai wakil dari masyarakat desa yang memberikan amanah dan kepercayaan kepada saya sebagai anggota LKM maka saya beranikan diri untuk bertanya tentang masalah ini dan mohon ada ketegasan apabila ada faskel atau senior fasilitator yang dalam menjalankan tugas pendampingan tidak melaksanakannya secara jujur adil dan transparan, karena PNPM merupakan program nasional yang sangat dinantikan masyarakat dan mohon maaf faskel maupun senior fasilitatornya sebagai anta masyarakat di desa dampngannya. Terima kasih dan sekali lagi saya mohon maaf bila kata-kata saya dan pengaduan saya tidak mengenakkan. Dan mohon tanggapannya, karena banyak kejadian bahwa bila ada yang memberikan pengaduan maka dari SENIOR FASILITATOR akan mengancam bahwa desa yang melakukan pengaduan akan di closing untuk bantuan blm selanjutnya. kok sedemikian besar kuasa Senior Fasilitator melebihi kebijakan seorang kepala daerah ?

Tanggapan 1

Posted by |Sep 16, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Purwono Pandhu di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan andan. Untuk diketahui, dalam recruitment Fasilitator ada syarat dan prosedure yang harus dilakukan, sehingga diharapkan Fasilitator tsb dapat menjalankan tugasnya seperti yang disyaratkan program, dan pendampingan harus dilakukan sejak awal program ini masuk kelokasi dampingan. Dan pengaduan adalah salah satu proses pemberdayaan yang harus didukung sebagai salah satu alat monitoring dan bentuk kepedulian masyarakat. Sehubungan dengan pengaduan anda kami sedang berkoordinasi dengan KMW Prov. Jawa tengah untuk menindaklanjuti informasi tsb. Kami akan menayangkan tanggapan dari KMW Prov. Jawa tengah apabila sudah ada klarifikasinya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.