Pengaduan On-Line

mana jiwa pemimpinnya

kusumaningjati Sep 4,2010
Saya menyayangkan kalau PNPM yang nota bene program pemerintah berjalan tidak sesuai dengan acuan yang ada dan seorang SF yang seharusnya punya kebijakan dan dasar kepemimpinan yang baik malah menjadi arogan dan tidak bijak dalam menghadapi masalah dan menerima kritikan. Apakah ada ujian atau test dalam penerimaan fasilitator ? khususnya lagi yang menjadi Senior Fasilitator ? Kalau ada kok bisa ya Senior Fasilitator marah - marah saat ada pengaduan online. Yang perlu diingat adalah pengaduan merupakan bentuk kekecewaan dan ketidakpercayaan warga pada pelaksanaan PNPM-MP di daerahnya karena perilaku dari SF sendiri, Manajemen masalahnya dimana ? Apakah pendampingan hanya dilakukan saat akan ada pencairan ? kalau benar begitu tidak sebanding dengan anggaran gaji yang diterima setiap bulan ? Apakah dibenarkan juga bila belum menerima dana diharuskan menandatangani tanda terima padahal belum menerimanya ? Dan bolehkah bila tidak sesuai dengan ketentuan (penyimpangan) boleh asal tidak ada gejolak ? lha mana pendampingannya ? kalau dinilai berhasilkah ? Dengan ketidak transparanan dan ketidakberesan dari Senior Fasilitator desa saya, maka saya mengundurkan diri dari koordinator LKM dan keanggotaan LKM. Semoga dengan pengunduran diri ini Desa saya tidak masuk dalam blak list karena pengaduan yang saya lakukan. Semoga pelaku yang dipusat lebih memperhatikan sisi manajemen masalah yang dimiliki calon fasilitatornya. demikian unek-unek saya karena pengaduan saya yang kedua belum ditanggapi. Semoga PNPM benar-benar berjalan sesuai rel yang ada dan mampu menurunkan kemiskinan di Indonesia serta para pelakunya berjiwa profesional. Mohon maaf atas salah kata yang ada dan saya berharap pengaduan ini menjadi bahan evaluasi terutama bagi SF dan Faskel bahwa warga masyarakat punya hak berpendapat dan selalu mengawasi kinerja anda. terima kasih.

Tanggapan 1

Posted by |Sep 16, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Purwono Pandhu di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan andan. Untuk diketahui, dalam recruitment Fasilitator ada syarat dan prosedure yang harus dilakukan, sehingga diharapkan Fasilitator tsb dapat menjalankan tugasnya seperti yang disyaratkan program, dan pendampingan harus dilakukan sejak awal program ini masuk kelokasi dampingan. Dan pengaduan adalah salah satu proses pemberdayaan yang harus didukung sebagai salah satu alat monitoring dan bentuk kepedulian masyarakat. Sehubungan dengan pengaduan anda kami sedang berkoordinasi dengan KMW Prov. Jawa tengah untuk menindaklanjuti informasi tsb. Kami akan menayangkan tanggapan dari KMW Prov. Jawa tengah apabila sudah ada klarifikasinya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.