Pengaduan On-Line

Pengaduan / Pertanyaan

anuntodea Dec 2,2010
Pengaduan / Pertanyaan Dua tahun sudah PNPM-MP/P2KP di Kelurahan Kuningan bergulir. Tahun pertama (2009) LKM Aria Kamuning memperoleh pagu BLM sebesar 350 juta. Tahun kedua (2010) kami menyusun Renta-2 (melalui RWD/RWT) yang mengacu kepada PJM 2009 – 2011 sesuai komitment awal pagu BLM sebesar 350juta. Namun pada sekitar bln.Mei 2010 kami mendapat ketetapan pagu BLM sebesar 100 juta (jauh menurun dari BLM-1), sehingga dalam pelaksanaannya kami(LKM) banyak mendapat protes dari warga karena banyak kegiatan yang telah disepakati tidak terealisir. Kemudian pada ahir Nopember 2010 ini kami dipaksa oleh pihak Korkot/Korkab untuk menyusun Renta-3/Istina’a dengan pagu BLM = 100juta pula. Pertanyaannya adalah : 1) Siapa sebenarnya yang menetapkan pagu BLM? (atas usulan siapa?), 2)apa criterianya untuk menetapkan pagu BLM?, 3) data dari mana yang dijadikan dasar untuk menetapkan pagu BLM? (mengapa hasil kajian RK dan PS tidak dipakai?).  Mohon penjelasannya yang kiranya dapat kami pahami..! Terima kasih….

Tanggapan 1

Posted by |Dec 7, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Mamanmuntaha di Tempat Terima kasih telah menggunakan media pengaduan online. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan Sdr, karena pada tanggal 1 Desember 2010 sudah direspon langsung oleh Tim PPM KMP PNPM ICDD IDB. Baik kami salinkan lagi respon dari Tim PPM KMP PNPM ICDD IDB, sbb : Bpk. Maman Muntaha ysh, Terima kasih atas penyampaian pertanyaannya kepada PPM Pusat. Kami akan menjawab pertanyaan yang disampaikan, sebagai berikut : 1. Siapa sebenarnya yg menetapkan pagu BLM ? 2. Apa Kriteria penetapan pagu BLM ? 3. Data dari mana yang dijadikan dasar penentapan pagu BLM? Jawaban pertanyaan : 1. Penetapan pagu BLM berdasarkan usulan daerah (Pemda & konsultan) dan ditetapkan oleh pusat. 2. Kriteria penetapan pagu berdasarkan jumlah penduduk miskin dari data BPS, dengan mempertimbangkan ketersediaan dana sharing daerah (dana alokasi APBD/ sesuai dengan kemampuan fiskal daerah) pada tahun DIPA ditetapkan. DIPA/ alokasi BLM tahun 2009 akan berbeda dengan tahun 2010. 3. Data dari BPS Pusat dan kemampuan fiskal daerah. Demikian disampaikan jawaban atas pertanyaannya, semoga jawaban ini dapat mengatasi kegalauan Bpk. Maman. Terima kasih. Tim PPM KMP PNPM ICDD IDB

Tanggapan 2

Posted by |Dec 14, 2010|
  1. Tanggapan Lanjutan : Bpk. Maman Muntaha, Terkait dengan penyusunan Renta 3 tahunan, tidak berubah dari hasil RK dan PS, hanya akan direkap rencana tahun 2011 yg khusus pendanaannya dari dana BLM Istisna'a (Dana yg bersumber dari Islamic Development Bank). Perlu diketahui bahwa pendanaan dari sumber dana IDB ini harus direncanakan matang oleh masyarakat,melalui proses rembug dari berbagai pihak sehingga tidak ada revisi Bappuk (Berita Acara Penetapan Prioritas Kegiatan) di kemudian hari, yg biasanya sering terjadi selama ini. Karena dana yang akan dialokasikan sejumlah usulan kegiatan yang masuk di tahun itu. Informasi tambahan bahwa tidak ada penurunan alokasi pagu tetapi yg ada adalah didasarkan pada jumlah penduduk dan penduduk miskin yang ada di dalam satu wilayah kota/kabupaten. Logikanya, kalau jumlah alokasi pagu BLM menurun berarti penduduk miskin yang ada di wilayah tersebut menjadi berkurang. Hal tersebut didasarkan pada hasil survey BPS.

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.