Pengaduan On-Line

Mohon Solusi

poorname6690 Jan 30,2011
A. Kami dicurhatioleh salah satu penerima dana bergulir PNPM Kel. NambanganLor,Kec.Manguharjo,Kota Madiun.Bahwa dia belum bisa mengangsur (melunasi pinjaman ke PNPM kelurahan kurang lebih Rp. 2.000.000,-an).Walaupun sudah diberi tenggat si peminjam BELUM jg bisa mengangsur-melunasi karena :1. Blum punya pekerjaan tetap (serabutan),2.Membiayai 2 orang anak sekolah. B. Dari pihak PNPM mengatakan (yang inti/maksudnya): apabila sampai awal Pebruari 2011tidak diselesaikan tunggakannya makadiaakan dikumpulkan dengan kelompoknya dan akan dikasih tau kepada kelompok termasuk RT/RW GARA-GARA DIA (si peminjam)lah dana belum/tidakbisa bergulir. C. Kemudian muncul dalam pikiran kami: 1. Apakah selama ini tidak ada pendampingan oleh pengelola PNPM, 2. Apakah solusi dengan cara mengumpulkan kelompok+RT/RW dan menyatakan ke khalayak umum dengan menunjuk/mengatakan bahwa karena belummampu menyelesaikan pinjaman itulah sebabnya danablumbisadigulirkan (Yang tentunya orang tersebut akan dikucilkan bahkan discemooh(padahal dia benar2 termasukwarga sangat miskin dan perlu pemberdayaan).Bukankah apabila kebijakan mengumpulkan dan menunjukhidung+menempatkankesalahan hanya pada peminjam sama saja dengan membuat masalah baru,bahkan membuat ketidakharmonisan antar rakyat??? 3. Kami mohon untuk diberikan solusi yang arif dan bijaksana? Wassalam.:?

Tanggapan 1

Posted by |Feb 3, 2011|
  1. Kepada Yth, Rekan Wawan Sunarwan di Tempat Terima kasih telah menggunakan media pengaduan online. Untuk diketahui, tindakan yang dapat dilakukan UPK dalam menyelesaian pinjaman bermasalah dapat dilakukan melalui 3 pendekatan, yaitu : 1.Menagih Tunggakan : adalah upaya penyelesaian pinjaman bermasalah dengan melakukan kunjungan penagihan kepada peminjam yang menunggak. 2.Penyelamatan Pinjaman Bermasalah : adalah upaya penyelesaian pinjaman bermasalah apabila peminjam yang bermasalah memerlukan penyelamatan pinjaman. Penyelamatan dapat dilakukan bila peminjam masih memiliki kemauan dan kemampuan untuk membayar angsuran pinjaman. Penyelamatan pinjaman bermasalah dapat berupa : menjadwal ulang (Rescheduling), mensyaratkan kembali (Reconditioning) dan mengatur kembali (Restrukturing) pinjaman yang bersangkutan 3.Penagihan Jalur Hukum : penagihan melalui jalur hukum ini bukan cara penagihan yang disarankan dalam program, dengan pertimbangan diantaranya prosesnya cukup panjang dan memakan waktu, serta memerlukan biaya, sehingga penyelesaian melalui jalur hukum tidak dibahas dalam program pinjaman bergulir ini. Akan tetapi jika masyarakat dengan LKM sepakat penyelesaian pinjaman bermasalah melalui jalur hukum tidak dipermasalahkan. Sehingga yang dilakukan oleh rekan-rekan dengan mengumpulkan kelompok/KSM yang bermasalah termasuk RT/RW adalah bagian dari pendampingan dan upaya penyelesaian pinjaman bermasalah, artinya dipertemuan tersebut akan diupayakan jalan penyelasaian terbaik mis. mengingatkan adanya sistem tanggung renteng, atau alternatif lainnya yang terbaik. Program tidak ada niatan untuk mempermalukan siapapun, justru Program memberi ruang/media bermusyarawarah untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada dengan arif dan bijak. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat Salam, PPM PNPM-Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.