Pengaduan On-Line

KRONOLOGIS PENGADUAN ASKOT

Feb 9,2011
Kepada YTH : Segenap pembaca Assalamualaikum,Wr Wb Sebelumnya saya mohon maaf . saya menulis ini dengan tujuan agar semua pihak yang membaca agar tahu duduk permasalahnnya. Terkait pengaduan dari mas parto 14 jan 2011 dan tgl 2 febr 2011 tentang format pembukuan sekretariat yaitu adanya verifikator dari ascot MK dengan membubuhkan tandatangan setiap bulan memang benar ada dan ide tersebut berasal dari saya selaku ascot MK dengan tujuan sebagai bukti bahwa pembukuan secretariat sudah dilakukan pemeriksaan secara rutin setiap bulannya oleh ascot mk. Dan saya sudah mengetahui di format standart dari KMP pihak yang bertandatangan di pembukuan yaitu hanya secretariat sebagai pembuku dan mengetahui Koordinator BKM selaku wakil dari BKM. Sekretariat merespon positif adanya kolom verifikator oleh askot, karena selama pemeriksaan internal audit/coaching klinik bersama bkm ada beberapa masukan/saran dari saya selaku ascot mk untuk perbaikan terhadap kekurangan dalam pencatatan administrasi pembukuan. Setelah beberapa bulan berjalan, saya berdiskusi dengan faskel mk , agar pembukuan atau format secretariat yang ada kolom verifikator ascot mk di hilangkan saja dan disesuaikan dengan format standart dari KMP yaitu hanya ada kolom ttd secretariat dan Koordinator BKM. Untuk selanjutnya sebagai bukti adanya pendampingan dan monitoring dari ascot ataupun fasilitator dapat membubuhkan paraf/tandatangan di buku tamu atau paraf pada saldo kas dan format kas opname pada saat dilakukan opname kas. Tindak lanjut pertama : pengaduan dari bkm sukodono tanggal 14 januari 2011 Dengan difasilitasi fasilitator cd pada tanggal 27 januari 2011 diadakan pertemuan antara saya ( ascot mk ) dengan pengurus BKM dalam rangka menyelesaikan terhadap pengaduan on line di web dengan beberapa penjelasan yang saya sampaikan di forum seperti hal tersebut diatas yaitu tentang kolom verifikator Askot MK, ada kesepakatan yaitu untuk format pembukuan secretariat kembali sesuai standart dari kmp. Untuk pengunggah berhasil di identifikasi berdasar informasi dari senior faskel yang sebelumnya menanyakan kepada mas parto, dan mas parto mengakui telah mengunggah ke web ppm. Tindak lanjut kedua : Pengaduan tanggal 2 Februari 2011 Pada tanggal 4 februari 2011 dengan difasilitasi fasilitator cd saya berkunjung ke rumah secretariat bKM ( Mas parto ) namun pada saat itu tidak ketemu karena beliau pergi ziarah. Kemudian pada tgl 7 februari 2011 saya kembali berkunjung ke rumah mas parto dengan fasilitasi faskel dan coordinator BKM bertemu dengan mas parto dan kami lakukan dialog dan diskusi bersama dalam rangka penyelesaian masalah yaitu terkait pengaduannya yang pertama tentang penghapusan kolom verifikator dan kembali lagi sesuai format standart dari KMP dari hasil dialog dan rembug akhirnya mas parto menerima penjelasan dari saya dan kami saling memaafkan.untuk pengaduan yaitu terkait persiapan kunjungan dari Tim Supervisi WB dan Interdep kami dari korkot bersama KMW sebelumnya melakukan monitoring terhadap kelengkapan document kesekretariatan BKM. Dari BKM dan relawan desa sukodono ada kerjasama yang baik secara kompak bahu membahu membantu terhadap kekurangan2 yang ada dalam rangka persiapan di kunjungi Tim WB dan interdep.Ternyata pada tanggal 18 oktober 2010 menjadi lokasi misi supervisi WB Interdep dan berjalan lancar temuan ada tetapi tidak terlalu banyak.ini berkat kerja sama masyarakat desa sukodono selaku relawan tanpa pamrih. Kami sebagai konsultan pendamping berharap pengawasan kita kembalikan kepada internal BKM sebagai pengambil kebijakan (representasi masyarakat) dan Sekretariat dan UP sebagai pelaksana.sebagai konsultan (orang luar) yang tidak selamanya mendampingi BKM kita tetap melakukan pendampingan/monev secara intensif dan kita memberikan kesempatan BKM untuk belajar secara mandiri. Demikian KRONOLOGIS kami sampaikan, kepada semua pihak khususnya kepada mas parto selaku sekretariat BKM dan segenap pengurus bkm bina sejahtera desa sukodono Jepara apabila dalam mendampingi ada kesalahan atau kekhilafan saya mohon maaf sebesar besarnya. Terima kasih. Tetap semangat, Salam sukses Amin ...! Hormat Miftakhussurur Askot MK Kab Jepara:)

Tanggapan 1

Posted by |Feb 10, 2011|
  1. Kepada Yth, Rekan Miftah Surur Di Tempat Terima kasih telah menggunakan media pengaduan online. Terima kasih telah mengklarifikasi pengaduan dari Sdr. Parto Kromo dengan judul Askot tgl. 14 Januari 2011, Ganti Terus tgl. 2 Februari dan Makasih tgl. 2 Februari 2011, sehingga permasalahan tsb dianggap selesai. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.