Pengaduan On-Line

Arogansi Korkot Sorong

Feb 15,2011
Kepada Yth Pimpinan P2KP Dimana Saja Berada Salah Sejahtera Syalom... Uneg-uneg ini sudah lama saya simpan untuk kemudian saya adukan kepada pimpinan-pimpinan PNPM P2KP yang masih memiliki hati nurani.. singkat cerita, saya sebagai anggota masyarakat merasa terpukul melihat perilaku Korkot Sorong yang arogan dan tidak memiliki hati. Dikisahkan, sekitar beberapa bulan yang lalu salah satu BKM di Distrik Sorong Timur mengadakan pertemuan dengan lurah. pada saat itu anggota BKM, lurah, Korkot dan TA Monev KMW melakukan pertemuan dengan pembahasan mengenai keberadaan BKM, kinerja BKM dan wewenang BKM. pada saat itu, kami BKM menjelaskan kepada Lurah bahwa kami BKM adalah relawan yang menjalankan program dan dipilih secara langsung oleh masyarakat. sehingga wewenang kami jelas yaitu menjalankan amanah masyarakat sesuai dengan SOP PNPM. namun lurah bersikeras, untuk mengganti kedudukan kami dengan berbagai alasan. akhirnya perdebatan tidak dapat terhindari dan pada akhirnya jawaban yang tidak memuaskan keluar dari mulut TA Monev dan Korkot bahwa keberadaan BKM kami disesuaikan dengan permintaan lurah yaitu perwakilan BKM dipilih atau diutus sesuai keinginan lurah. dari sini kami selaku BKM sangat tersinggung.. mengapa Korkot dan TA Monev KMW yang notabene adalah atasan kami malah membela lurah yang jelas-jelas sejak pertama orientasinya kepada PNPM adalah uang. meski kejadian ini sudah lama berlangsung dan kami dipaksa untuk menandatangani surat pengunduran diri. kami berharap sebagai pimpinan yang memiliki bawahan seperti korkot atau TA untuk dapat memberikan contoh yang baik kepada masyarakat. ataukah sama saja??? Kami terus terang tak menyangka ternyata program ini sama saja dengan program tipu muslihat lainnya. pada awalnya kami berharap perubahan perilaku dapat terwujud tetapi kenyataannya para pemangku program malah jauh dari perilaku yang diharapkan kami masyarakat. semoga ini menjadi pelajaran bagi kita semua dan dapat ditanggapi dengan baik. syalom...

Tanggapan 1

Posted by |Feb 21, 2011|
  1. Kepada Yth, Rekan Cendrawasih di Tempat Terima kasih telah menggunakan media pengaduan online. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan Sdr. Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) merupakan nama generik suatu lembaga keswadayaan masyarakat warga ditingkat kelurahan/desa, yang keberadaannya didasarkan kebutuhan masyarakat, dipercaya oleh masyarakat dan mencerminkan kepemimpinan kolektif berbasis moral sebagai representasi dari seluruh warga kelurahan/desa yang paling dapat dipercaya (kriteria kepemimpinan berbasis kualitas sifat kemanusiaan atau aspek moral). Jadi sangat jelas bagaimana LKM terbentuk serta tugas pokok dan fungsi nya. Meskipun begitu pengaduan Sdr sudah kami teruskan ke KMW Prov. Papua Barat untuk diklarifikasi. kami akan menayangkan hasilnya setelah menerima hasil klarifikasi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.