Pengaduan On-Line

bkm amanah

Mar 31,2011
assalamu'alaikum.... belakangan ini dalam perkembangan pengelolaan anggaran dana pnpm melalui bkm amanah di kelurahan banyurip alit kota pekalongan,.kurang adanya transparansi dari pengurus bkm tersebut...,sehingga dari masyarakat merasa sangat di kecewakan dengan pola kinerja kepengurusan tersebut,di tambah lagi tak ada re generasi kepengurusan yang baru (adanya orang-orang lama yang kurang di percaya masyarakat).. sebenarnya masyarakat banyurip alit sendiri merasa harus adanya perubahan anggota kepengurusan bkm amanah tersebut,. apakah memang sudah aturan dari pusat ketika ada pergantian pengurus harus menyisakan 40% kepengurusan lama.., padahal kalau di lihat pola kinerja kepengurusan lama di nilai masyarakat kuarang transparan mengenai pambukuan administrasi dana perguliran (pinjaman modal kecil)... apakah laporan administrasi dana perguliran itu sendiri harus di laporkan ke pusat dan tanpa adanya publikasi terhadap masyarakat...:?:? mungkin untuk sementara hanya ini yang dapat kami sampaikan kepada lembaga yang terkait guna mengevaluasi kinerja bkm tersebut., agar perkembangan ekonomi sosial di masyarakat berjalan merata... sekian terima kasih....:)

Tanggapan 1

Posted by |Apr 8, 2011|
  1. Kepada Yth, Fams b'bex di Tempat Terima kasih telah menggunakan media pengaduan on-line. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan Sdr. Untuk dipahami, LKM/BKM haruslah benar benar dibangun dari, oleh untuk dan sesuai kebutuhan masyarakat tersebut, akan dipercaya untuk mengelola dana amanah PNPM Mandiri Perkotaan secara partisipatif, transparan dan akuntabel, sebagai proses pembelajaran masyarakat dalam bersinergi, menerapkan nilai-nilai universal dan menerapkan pendekatan Tridaya. Meskipun demikian, dana tersebut hanya bersifat stimulan atau pelengkap dari sumber daya yang dimiliki masyarakat dan juga sumber daya luar lainnya yang dapat diakses masyarakat setempat. Salah satu kriteria LKM/BKM adalah point (g) : Kriteria anggota-anggota lembaga pimpinan kolektif masyarakat tersebut berbasis pada kualitas sifat kemanusiaan (ikhlas/relawan, jujur dan adil), bukan semata bertumpu pada simbol-simbol yang melekat (jabatan, pengalaman organisasi, status sosial, pendidikan, jenis kelamin, dll). Faktor pendidikan, status, ketrampilan, jabatan dan kriteria lain yang tidak terkait kualitas sifat kemanusiaan seseorang (aspek moral), merupakan nilai tambah. Masa bakti BKM/LKM mak. 3 tahun. Tugas dan fungsinya sebagai wadah sinergi masyarakat untuk sarana perjuangan aspirasi warga masyarakat kelurahan/desa yg lbh menitik beratkan pada upaya penanggulangan kemiskinan dan pembangunan lingkungan permukiman di wilayahny Didalam buku Pedoman Teknis Pembentukan BKM/LKM tidak ada kalimat yang menyatakan, Dalam pergantian pengurus, harus menyisakan . . . % kepengurusan lama. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.