Pengaduan On-Line

koorkot tak layak

May 12,2011
Stabat, 11 mei 2011 Kepada Yth, Ka.Satker PNPM MP Pusat ( Jakarta ) Ka.Satker PBL SUMUT PPK PNPM MP SUMUT Tim PPM P2KP TL.KMP PNPM MP TL.KMW 1 SUMUT PD.OC-1 SUMUT TA.Monev KMW 1 SUMUT Di Tempat, Dengan Hormat, Bersamaan dengan ini saya ingin menyampaikan pengaduan prihal telah terjadi penyimpangan/penyalahgunaan dana pelatihan masyarakat yaitu pelatihan Tematik yang sogyanya dilaksanakan pada tahun anggaran 2010, akan tetapi pelatihan tersebut urung dilaksanakan dikarenakan acuan konsep dan materi pelatihan tersebut belum jelas. Adapun prihal penyampaian pengaduan ini didasarkan pada : 1. Dana Pelatihan yang bersumber dari dana APBN telah ditransfer ke rekening Panitia bersama Koordinator kota/Kab yang masuk PNPM MP di SUMUT. 2. Seharusnya Kalau pelatihan tersebut belum dilaksanakan, maka dana tersebut tidak boleh di tarik dari rekening dengan alasan apapun. 3. telah terjadi penarikan dana tersebut,akan tetapi dana tersebut tidak sampai kepada tim panitia pelaksana pelatihan masyarakat.( Cek Buku Rekening Panitia bersama Koordinator Kota/Kab.) 4. kejadian ini terjadi di Kab.Langkat Sumatera Utara,dimana penanggung jawabnya adalah saudara M.Abdi yang pada waktu itu menjabat sebagai askot CD Mandiri untuk kab.Langkat, dan Tertanggal 01 April 2011 diangkat sebagai pimpinan Koorkot 3 Binjai – Langkat. 5. setalah dilakukan croscek kebeberapa BKM yang ada di Kab.Langkat dana pelatihan tersebut tidak pernah sampai. 6. telah terjadinya penyimpangan /penyalahgunaan dana yang peruntukannya untuk kepentingan pribadi. 7. penyalahgunaan dana tersebut kurang lebih sekitar Rp.70.000.000,. 8. Sampai dengan pengaduan ini disampaikan dana tersebut belum juga dikembalikan,dan tindakan ini merupakan tindakan korupsi yang merugikan negara dan masyarakat. Adapun masukan serta saran yang bisa saya sampaikan disini adalah : 1. Saudara M.Abdi Tidak layak sebagai seorang koorkot yang telah terbukti melakukan penyimpangan dana pelatihan masyarakat. 2. Ka.Satker PBL Sumut dan PPK PNPM MP Sumut agar dapat menindak tegas pelaku sesuai dengan kontrak surat perjanjian kerja yang termuat di pasal 5 yaitu Sanksi. 3. Kepada Tim PPM P2kp Agar hasil investigasi dan penyelesaian tentang penyalahgunaan/penyimpangan dana ini agar dipublikasikan di website ini. 4. kejadian ini merupakan pembelajaran bagi semua pelaku program PNPM MP, dimana program ini mencerminkan kebersamaan yg menetik beratkan pada nilai kemanusian,bukan nilai - nilai penipuan dan pembodohan. Demikianlah saya sampaikan pengaduan prihal penyimpangan/penyalahgunaan dana ini,harapan saya dapat ditindaklanjuti dan menjadi pembelajaran dan renungan bagi kita semua. Salam PNPM MP Pemerhati PNPM MP Hormat saya, ( Jonatan dua )

Tanggapan 1

Posted by |May 13, 2011|
  1. Yth. Jonathan dua Terima kasih telah menggunakan media pengaduan online. Pengaduan Anda saat ini Sedang dalam proses klarifikasi, pengecheckan dan telah dikoordinasikan dengan pihak Konsultan Manajemen Wilayah Propinsi Sumatra Utara atas pengaduan yang Anda sampaikan dan pihak yang berkompeten dalam penanganan masalah ini. Tim - PPM Pusat PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.