Pengaduan On-Line

Pemilu BKM

Giriatori Jun 6,2011
Saya Masyarakat di Desa Sukra Wetan Indramayu, saya ingin bertanya dan mohon sekaligus beri tanggapan,, Apakah Pemilu BKM dibenarkan dilakukan di tingkat RW? (di desa saya ada 21 RT dan 5 RW) karena yang saya tahu pemilu tingkat basis selayaknya dilakukan di tingkat RT. Kejadian di desa saya Panitia menyebarkan undangan pada pemilu basis hanya pada beberapa orang saja dan yang hadirpun dibawah 15 orang, dan tanpa sosialisasi yang maksimal dari yang hadir tersebut Panitia memilih beberapa orang untuk langsung dijadikan utusan ke tingkat desa. Pemilu Basispun banyak yang tidak tahu apalagi mengerti, termasuk yang datangpun apabila ditanya tidak paham. Kemudian Pemilu tk. desa tanpa disaksikan faskel sudah bisa disahkan.(Saya yakin semua Administrasi direkayasa dan parahnya Faskel memberikan rekomendasi alias tutup mata) Apakah hal tersebut dibenarkan?? Hal ini sudah saya informasikan ke pnpm tk. kab, secara detail beserta kronologisnya kenapa BKM tiba-tiba harus pemilu, tapi tk. kab. yang saya rasakan tidak cepat tanggap. Saya sebenarnya kecewa, jangan sampai PNPM dijadikan seperti program yang tidak mempunyai aturan malah bisa diatur-atur dan diakali....Kasihan masyarakat bila BKM dikuasai oleh Birokrat (Pemdes dan lembaga Desa) karena dari kronologisnyapun sudah ada pernyataan bahwa "BKM diambilailh oleh Pemdes dan BPD" bahkan hal ini sudah pernah dimediasi di tk.Kecamatan. Mohon hal ini bisa ditanggapi dan mhn maaf bila ada hal yang tdk bijak yang saya tulis....:?

Tanggapan 1

Posted by |Jun 6, 2011|
  1. Rekan Lenno Dobbyanto ysh, Terima kasih telah menggunakan media pengaduan on-line. Informasi yang rekan Lenno sampaikan menjadi bahan evaluasi bagi kami, khususnya untuk pelaksanaan PNPM di Desa sukra Indramayu.Pengaduan Saudara Akan Kami teruskan ke Konsultan Manajemen Wilayah Propinsi Jawa Barat untuk Klarifikasi. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by Giriatori |Jun 7, 2011|
  1. Terimakasih atas tanggapan dan sarannya, mudah-mudahan ke depan PNPM benar-benar menjadi program yang handal bagi masyarakat khususnya masyarakat miskin tanpa ada intervensi negatif atau seenaknya dari Pemerintah Desa juga lembaga Desa. Mksh ........

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.