Pengaduan On-Line

Dana PNPM Mandiri Perkotaan?

Jul 7,2011
Salam hormat, Saya adalah Pak RT di RT 011/04 Kel. Tg. Duren Selatan, Kec. Grogol Petamburan, Jakarta Barat 11470. Nama saya MUHAMMAD ARIF, S.Akt, BKP. yang berinisiatif menggerakkan warga masyarakat di RT saya untuk memanfaatkan dana PNPM Mandiri Perkotaan untuk membangun prasarana umum berupa Saluran Air, Perkerasan Jalan Beton/ Cor dan pemasangan Lubang Biopori (50 buah) di Jalan Manggis XX, Kel. Tg. Duren Selatan (Wilayah ke-RTan saya). Untuk itu warga telah melakukan pembentukan panitia pembangunan dan menggerakkan swadaya masyarakat untuk menutupi/ mencukupi dana PNPM tsb agar bermanfaat bagi warga. Setelah melakukan perhitungan yang cukup, panitia membuat anggaran pembangunan tersebut, yaitu untuk membuat saluran air, cor jalan dan lubang biopori sepanjang 123 m, menghabiskan dana sebesar Rp.90.000.000,- lebih. Untuk itu panitia harus mencari dana swadaya sekitar Rp.70.000.000,- dengan harapan dana PNPM mencukupi sampai Rp.90.000.000,- atau Rp.20.000.000 Setelah melalui rapat-rapat intens baik antar warga dan dengan organ di kelurahan, panitia terkejut karena katanya dana PNPM yang akan turun di tempat kami hanya Rp.7.500.000,- ?? Bagaimana mungkin? Untuk itulah kami berharap, Bapak/Ibu yang berkompeten, dapat memberi arahan kepada kami. Melalui surat ini juga, kami mengundang Bapak/Ibu untuk datang ke wilayah kami untuk meninjau apa yang sedang kami kerjakan (pekerjaan sudah kami mulai selama 7 hari/ sudah terlihat hasilnya). Saya pribadi berharap agar proyek yang kami kerjakan bisa menjadi acuan untuk pekerjaan yang sama di Perkotaan, yaitu fungsi jalan yang sesuai, saluran air warga dan lingkungan (biopori). Saya juga berfikir, untuk Jalan Kecil (1.5 m lebarnya) seperti kami, PU tidak mau turun, Dinas Perumahan enggan, kalau bukan dari PNPM Mandiri perkotaan? dari mana lagi pembangunan prasarana masyarakat bisa dikerjakan dan pembangunan yg digaungkan pemerintah dapat dirasakan? Terima kasih atas perhatian Bapak/Ibu. Hormat Kami, Warga GG. Manggis XX, RT 011/04 Kel. Tg. Duren Selatan, Gropet. Jakbar 11470 (No. HP Pak RT 08561004887)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.