Pengaduan On-Line

faskel pembuat LPJ LKM/BKM

Jul 9,2011
Apa yang ditanyakan oleh faskel di lamongan sebenarnya mungkin memang benar2 terjadi. Hal ini dikarenakan pihak korkot atau askot hanya melihat atau menerima saja laporan bulanan yang diserahkan oleh faskel pendamping, akan tetapi tidak pernah klarifikasi di tingkat kecamatan ataupun desa. Untuk mengklarifikasi hal tersebut setidaknya bisa di cek di tingkat desa dampingan. Seperti yang saya sampaikan pada hal "Pemberdayaan Macet". Itu memang terjadi di kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Propinsi Jawa Timur. Tim faskel yang menangani adalah : Jatim 131 dan Jatim 130 Sebagai tambahan : 1. Anggota LKM sudah menjadi para kontraktor dan pemborong2 baru, sedangkan pelaksana yang seharusnya warga lokasi kegiatan (KSM, mudah2an istilahnya benar) hanyalah rekayasa belaka. (terutama pada pelaksanaan Infrastruktur) 2. Di beberapa desa, Pihak Pemerintah desa sudah memaksakan kehendaknya untuk menguasai LKM, seperti di Ploso (Kepala Desanya Ibu Winarti, Ketua LKMnya (Ibu Nurhayati) di ganti/dinonaktifkan tanpa ada pemilihan dan semua pelaksanaan kegiatan kepala desanya yang mengatur, anggota LKMnya diganti orang2nya kepala desa. 3. Di Desa Keper Kecamatan Krembung Kab. Sidoarjo Jawa Timur, Ketua LKMnya (Bapak Gunawan) bermasalah terhadap simpan pinjamnya (menjadi kelompok dan peminjam puluhan juta). 4. Di Desa Keret Kecamatan Krembung Kab. Sidoarjo Jawa Timur, LKMnya melempem, nurut apa kata kepala desa, juga di Gading (Kepala Desanya Ibu Yuliastuti, Koordinatornya Bapak Edy) LKM hanyalah formalitas saja sedangkan pelaksana hanya ketua LKM dan Kepala desanya. 5.Dan Desa Krembung, Desa Lemujut, Desa Cangkring, Desa Rejeni, Desa Kedungsumur atau secara keseluruhan desa2 di kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, pembuatan proposal juga laporan kegiatan, warga tidaklah bisa (belum bisa) mengerjakan. Yang mengerjakan semuanya faskel (atau apalah istilahnya). LKM hanya terima jadi. Kalau bisa saya mengusulkan, Laporan Bulanan Faskel agar di verifikasi dulu oleh pihak Kecamatan dan Pihak Desa, dan berikan arsip laporan bulanan faskel. Hal ini penting karena kemungkinan besar (99%) laporannya tidak sama seperti pelaksanaannya. Mohon Ditanggapi secara serius. Atas Perhatian dan periksanya diucapkan terima kasih. Semoga pemberdayaan masyarakat yang menjadi impian masyarakat desa bisa terwujud. Selamat berjuang.

Tanggapan 1

Posted by |Aug 4, 2011|
  1. Yth.Rekan Ahmad Farsyah Berikut tanggapan dari LKM Rejeni Sejahtera Desa Rejeni sebagai berikut : Saya Moh. Zainun Nasikin, Sekretariat LKM Rejeni Sejahtera mewakili LKM Rejeni Sejahtera desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur. Perlu mengklarifikasi apa yang adukan oleh saudara Ahmad Farsyah. Point: 1. tentang : Anggota LKM sudah menjadi para kontraktor dan pemborong2 baru, sedangkan pelaksana yang seharusnya warga lokasi kegiatan (KSM, mudah2an istilahnya benar) hanyalah rekayasa belaka. (terutama pada pelaksanaan Infrastruktur). Bahwa hal tersebut sama sekali tidak benar dan mengada-ada. Karena di desa Rejeni semua kegiatan dilakukan oleh KSM di wilayah yang menjadi lokasi kegiatan. LKM hanya sebagi monitoring, evaluasi, sosialasi, penggerak pembentukan KSM bersama UPL. Sebagai bukti Anda bisa melihat di web LKM yaitu (http:\\rejeni-info.blogspot.com) ataupun bisa datang langsung ke desa kami. Kami dengan terbuka bisa menjelaskan langsung apa yang Anda adukan, ataupun Anda bisa menanya langsung ke warga dimana kegiatan tersebut berada. 2. Saya tidak mau mengomentari karena bukan desa kami dan itu internal LKM desa Ploso. 3. Saya tidak mau mengomentari karena bukan desa kami dan itu internal LKM desa Keper. 4. Saya tidak mau mengomentari karena bukan desa kami dan itu internal LKM desa Keret dan Gading. 5. Tentang pembuatan proposal juga laporan kegiatan, memang beberapa anggota KSM belum bisa mengerjakannya itupun cuma masalah teknis yaitu mengetik dan print, oleh karena itu saya hanya membantu KSM dalam hal tersebut. sedangkan pelaksana kegiatan mulai dari Pembentukan KSM, Persiapan Pelaksanaan, Pelaksanaan sampai selesai itu semua tanggungjawab penuh KSM setempat. Kalau memang saudara Ahmad Farsyah berlokasi di salah satu desa di Kecamatan Krembung, Anda bisa datang ke desa kami untuk cek langsung lokasi kegiatan dan menanyakan langsung kepada warga penerima manfaat kegiatan ataupun KSM pelaksana kegiatan. Demikian klarifikasi dari LKM Rejeni Sejahtera Desa Rejeni Kecamatan Krembung Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, Tim Jatim 111. Semoga Klarifikasi dari kami memberikan pencerahan kepada saudara Ahmad Farsyah tentang kondisi LKM di desa Rejeni. Terima Kasih. Wassalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Sekretaris LKM Rejeni Sejahtera Moh. Zainun Nasikin. NB: Informasi Sekretariat LKM Rejeni Sejahtera Alamat : Balai Desa Rejeni, Jl. Raya Rejeni No. 12 Desa Rejeni Kec. Krembung Kab. Sidoarjo Jawa Timur. Telepon : 0318854621 e-mail : rejeni0315@gmail.com website : http:\\rejeni-info.blogspot.com

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.