Pengaduan On-Line

Tatacara Pelaksanaan PPM dalam PNPM Mandiri Perkotaan (Upload : Mei 2008)

May 30,2008

Pengaduan pada dasarnya merupakan aspirasi, keluhan ataupun ketidakpuasan terhadap implementasi PNPM Mandiri Perkotaan. Pengaduan dapat disampaikan dalam bentuk lisan maupun tulisan, baik ke pelaku PNPM Mandiri Perkotaan, media massa dan lain-lain.

Terlepas dari siapapun dan darimanapun yang menyampaikan pengaduan, maka harus dipahami bahwa pada hakekatnya timbulnya pengaduan disebabkan oleh : - Pemahaman substansi informasi yang kurang utuh; - Proses kegiatan di lapangan yang kurang sempurna; - Pendekatan yang keliru; - Tumbuhnya kepedulian dan kontrol sosial dari warga masyarakat; atau - Mulai tumbuh berkembangnya prinsip dan nilai PNPM Mandiri Perkotaan.

Sebagai pedoman dalam mengelola dan menangani pengaduan (informatif atau masalah) bagi pelaku-pelaku yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan (PNPM-P2KP) dapat menjaga keberlangsungan dan mutu program, maka disusun Tatacara Pelaksanaan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam PNPM Mandiri Perkotaan.

Untuk melihat lebih jelas mengenai Tatacara Pelaksanaan Pengelolaan Pengaduan Masyarakat dalam PNPM Mandiri Perkotaan, dapat di download di bawah ini.

 Download
Tata Cara Pelaksanaan PPM PNPM-P2KP 
(Pdf file, 351 Kb)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.