Penghentian Sementara

Oct 21,2011
Nomor : 27/RW-03/JB/X/2011 Perihal : Penghentian Sementara Program PNPM Perkotaan Lampiran : - Kepada Yth. Bapak Teguh Imanullah Spesialis Monitoring dan Evaluasi KMW I Di Tempat Dengan hormat, Sesuai dengan hasil rapat RW yang dilaksanakan pada tanggal 3 September 2011 antara pengurus RW dan Pengurus RT dilingkungan RW 03 Kel. Johar yang telah menghasilkan kesepakatan : 1. Semua kegiatan, program dan proyek PNPM Perkotaan yang dilaksanakan di lingkungan RW 03 harus transparan dan informasi dengan mudah dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat. 2. Mempending (Penghentian Sementara) semua kegiatan, program dan proyek PNPM Perkotaan dilingkungan RW 03 sampai terpenuhinya alur kegiatan (daur/siklus) dan prinsip serta nilai PNPM Perkotaan. 3. Mengharapkan kepada fihak Konsultan Manajemen Wilayah I (KMW I) melakukan penataan kembali pelaksanaan PNPM Perkotaan di wilayah RW 03 mulai dari siklus kegiatan, pelaku dan program usulan yang kesemuanya semaksimal mungkin melibatkan semua unsur masyarakat antara lain masyarakat miskin, pengurus RT, pengurus RW serta tokoh agama dan tokoh masyarakat di lingkungan RW 03. Sebagai representasi dari masyarakat, kami hanya menginginkan semua kegiatan, program dan proyek yang dilaksanakan dilingkungan kami dilaksanakan secara transparan, karena transparansi dalam segala hal telah menjadi landasan dan acuan kami dalam melaksanakan semua kegiatan dilingkungan RW 03 Kel. Johar Baru Jakarta Pusat. Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatiannya kami sampaikan terimakasih. Rukun Warga 03 Kelurahan Johar Baru (TOTO M.) ( AHMAD TIRTAYASA, S.Kom ) Ketua Sekretaris Tembusan : 1. Ketua RT di Lingkungan RW 03. 2. Ketua LKM Kelurahan Johar Baru 3. Team Fasilitator PNPM Perkotaan Kelurahan Johar Baru 4. Lurah Johar Baru 5. Camat Johar Baru 6. Team Leader KMW I 7. Arsip Inilah surat yg telah kami kirim. Kami mohon maaf harus menulis surat pengaduan ini. Kami hanya menginginkan transparansi, gak kurang gak lebih. Mohon tanggapan ya Pak, untuk menyelesaikan permasalahan ini agar PNPM Perkotaan di lingkungan kami berlangsung secara transparan dan lebih baik. Demikian surat ini, atas segala saran, informasi, masukan & perbaikannya kami menyampaikan terimakasih yang tak terhingga. Hormat kami, Mokhamab Basri Wakil Ketua RW 03 Kel. Johar Baru, Jakarta Pusat (Salah satu RW fokus/prioritas)

Tanggapan 1

Posted by |Nov 8, 2011|
  1. Nomor : 235/PNPM-MPk/OC-3 DKI Jakarta/XI/2011 Jakarta, 03 Nopember 2011 Lampiran : - Kepada Yth 1. Ketua RW 03 Kel Johar Baru 2. Koordinator LKM Johar Baru Bangkit Di Tempat Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat bapak bernomor: 27/RW-03/JB/X/2011 perihal Penghentian Sementara Program PNPM Perkotaan, dengan ini kami menyampaikan beberapa hal sebagai berikut: 1. Bahwa kami sangat berterima kasih atas informasi yang disampaikan dari kegiatan yang telah dilaksanakan di RW 03 Kelurahan Johar Baru, Jakarta Pusat. 2. Kami informasikan bahwa, khususnya di RW 03, telah terdapat 2 kegiatan fisik yakni : Perbaikan Jalan Rabat Beton dan Perbaikan Saluran Air Terbuka, semuanya berada di RT 04 Rw 03 dengan penggunaan dana BLM APBN senilai Rp. 6,915,000,- BLM APBD Rp. 8,750,000,- dan dana Swadaya direncanakan sebesar Rp. 6,712,000,- 3. Berdasarkan data yang ada di KMW, Kelurahan Johar Baru telah mencairkan dana BLM sebesar Rp. 60.000.000 pada tgl 19 Sept 2011, dan dana ini harus segera dimanfaatkan sebelum pencairan BLM DDUB dapat dilaksanakan. 4. Data SIM kami menunjukkan bahwa warga RW 03 sudah banyak yang terlibat di serangkaian kegiatan siklus. 5. Dari fakta di atas, kami meyakini bahwa sebenarnya telah terbangun peristiwa perencanaan partisipatif yang melibatkan segenap warga RW 03, dan selanjutnya harus tetap terpelihara keterlibatan warga dalam setiap kegiatan program PNPM. 6. Kami meminta agar pengurus RW 03 dan anggota TPP RW 03 dapat segera berkoordinasi dengan LKM Johar Baru Bangkit untuk merencanakan tindak lanjut program kedepan. 7. Selanjutnya kami akan mengkoordinasikan hal ini kepada Tim 1 dan Korkot Jakarta Pusat agar lebih memperhatikan perkembangan yang terjadi di LKM Johar Baru Bangkit. Kami sangat berterima kasih atas pengawasan/ kontrol masyarakat terhadap program PNPM yang dilaksanakan oleh LKM Johar Baru Bangkit,khusus nya di RW 03. Kami berharap agar kegiatan siklus yang telah diikuti tetap mengikuti pada pedoman teknis pelaksanaan Program PNPM. Bila ada sesuatu yang kurang dipahami dapat mendiskusikannya dengan pihak BKM dan pendamping/ faskel/ korkot atau ke KMW Propinsi DKI. Semoga warga RW 03 khususnya, senantiasa terus peduli dan bahu membahu di dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di daerahnya dan umumnya di Kelurahan Johar Baru. Demikian, beberapa penjelasan yang dapat kami sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih. Oversight Consultan -3 KMW Provinsi DKI Jakarta Teguh Imanullah Monev

Tanggapan 2

Posted by |Nov 8, 2011|
  1. Kepada Yth. Bapak Teguh Imanullah Spesialis Monitoring dan Evaluasi KMW I Di Tempat Dengan hormat Terimakasih atas masukan & informasi yg Bapak sampaikan. Bersama ini kami menyampaikan beberapa fakta terkait hasil pertemuan antara pengurus RT & Pengurus RW pd Tanggal 3 September 2011 : 1. Sampai sebelum tgl. 3 September 2011 semua pengurus RT tidak tahu & tidak mengerti apa itu PNPM Perkotaan karena sampai saat itu mereka tidak pernah dilibatkan, makanya dlm pertemuan tersebut saya menerangkan 3 pilar PNPM Perkotaan, alur PNPM Perkotaan mulai dari RKM sampai Perencanaan Partisipatif. Itu saya yg menerangkan pak, bukan pelaku PNPM Perkotaan seperti LKM atau fasilitator. 2. Sampai hari ini kami tidak memperoleh informasi apapun mengenai program PNPM Perkotaan, apalagi proyek yg sedang dilaksanakan. 3. Sampai saat ini kami kesulitan memperoleh informasi mengenai program PNPM Perkotaan, baik proyek maupun pendanaan dan kegiatannya, karena kami kesulitan mencari dimana letak papan informasi atau bulletin mengenai PNPM Perkotaan yg berada di wilayah Kel. Johar Baru. Karena pd waktu saya tanyakan pada pengururs LKM & Ketuanya, malah dijawab papan proyek, padahal saya menanyakan papan informasi. 4. Pengurus RT 04 yg diketuai oleh Bpk. Ali Akbar menolak proyek PNPM Perkotaan karena ada penolakan dr warganya. Yg akhirnya dialihkan ke RT 08 tanpa koordinasi dgn pengurus RW sehingga kami (Pengurus RW & Pengurus RT sepakat menolak & menghentikan sementara). 5. Sebenarnya banyak kejanggalan dalam pelaksanaan Program PNPM Perkotaan ini, tetapi sangat tidak elok apabila kita ungkapkan dalam tulisan ini. Makanya, kita menghentikan sementara Program PNPM Perkotaan di RW 03, sampai kami mendapatkan kepastian bahwa PNPM PERKOTAAN DILAKSANAKAN SECARA TRANSPARAN. Demikian tanggapan kami. Kami selaku warga & pengurus RW mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas masukan dan tanggapan yang Bapak berikan. Hormat kami, Mokhamad Basri

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.