Pedoman Teknis PPM (update, 11 September 2012)

Sep 12,2012

Untuk mendukung kelancaran pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan, perlu disusun Pedoman Teknis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (PPM) yang terdiri dari 3 bagian yaitu;

  1. PEDOMAN TEKNIS PPM DI TINGKAT KEL/DESA (MASYARAKAT)
  2. PEDOMAN TEKNIS PPM DI TINGKAT KABUPATEN/KOTA
  3. PEDOMAN TEKNIS PPM KASUS KHUSUS

Adanya pedoman teknis ini diharapkan dapat memudahkan berbagai pihak menyampaikan pengaduan dan permasalahan terkait pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan dan mengetahui perkembangan penanganan suatu pengaduan atau masalah hingga selesai. Pedoman teknis ini merupakan kelengkapan Pedoman Pelaksanaan Pengelolaan Pengaduan dan Masalah (PPM) dari Tim Pengendali PNPM Mandiri dan Pedoman Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan.

Silahkan unduh file modul pedoman teknis PPM melalui link di bawah ini.

Unduh :
 Modul Pedoman Teknis PPM
  1. Cover Pedoman Teknis PPM (pdf file, 74 Kb )

  2. Kata Pengantar (pdf file, 19 Kb )

  3. Daftar Isi Pedoman Teknis (pdf file, 14 Kb )

  4. Daftar Lampiran (pdf file, 8 Kb )

  5. Bag A. Pedoman Teknis PPM PNPM Perkotaan (pdf file, 445 Kb )


  6. Bag B. Pedoman Teknis PPM PNPM Perkotaan (pdf file, 44 Kb )

  7. Bag C. Pedoman Teknis PPM PNPM Perkotaan (pdf file, 165 Kb )


Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.