BUAT TL OSP JATIM

Feb 9,2013
Saya salah seorang Kades di Grogol Gringging Kediri, melihat kinerja Faskel akhir akhir ini semakin muak, jauh dari harapan membawa perubahan ke pemberdayaan masyarakat l, . Jauh mutunya ketika dibanding masih ada kmw tulungagung, apa karena sudah nggak ada monetering lagi atau rekruitmentnya yang nggak betul, sayang pak ,ini uang negara yang dipakai nggaji.kami membutuhkan faskel yang militan pro poor bukan hanya petanteng pethetheng atau jangan jangan kmw sendiri juga nggak berdaya. salam dari penggiat PNPM buat Pak TL

Tanggapan 1

Posted by |Feb 11, 2013|
  1. Kepada Yth, Rekan Adit Adit di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Kami telah menyampaikan permasalahan ini kepada OSP 6 - Prov. Jawa Timur untuk meminta klarifikasi terkait pengaduan yang Sdr sampaikan dan kami akan menayangkan hasil klarifikasi dari Prov. Jawa Timur , bila sudah ada tanggapannya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM - PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by |Feb 18, 2013|
  1. Kepada Yth, Rekan Adit adit di Tempat Bersama ini kami lampirkan klarifikasi dari OSP 6 - Prov. Jawa Timur berkenaan dengan pengaduan Sdr. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan =================================================== Download file terlampir: No_25_2013_Jawaban_Pengaduan_Online_9_2_2013_Kediri.pdf (418 KB) Surabaya, 14 Pebruari 2013 Nomor : 25/TL/Jatim/OSP6/PNPM-MP/II/2013 Lampiran : - Kepada Yth, Adit Adit (Kepala Desa di Kec. Grogol, Kab. Kediri) di Tempat Perihal : Jawaban Pengaduan Online Dengan Hormat, Menindaklanjuti pengaduan on line dari Bapak Adit Adit dengan judul : Buat TL OSP Jatim, yang dikirim pada tanggal 9 Februari 2013 pkl. 12.33.54 WIB. Maka dengan ini kami memberikan tanggapan atas pengaduan tersebut antara lain : 1. Kami sampaikan terimakasih atas informasi yang telah Bapak berikan pada kami, dan akan kami jadikan sebagai bahan koreksi dan introspeksi pada pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan kedepan agar bisa meningkatkan kualitas pendampingan di masyarakat sehingga output di masyarakat bisa tercapai dengan baik. Terkait personil kami menyadari masih ada beberapa personil fasilitator yang masih perlu ditingkatkan secara terus menerus, baik itu pada peningkatan kapasitas pendamping, intensitas dilapangan, maupun cara berkomunikasi efektif. Di penghujung tahun 2012 atau tepatnya bulan Desember 2012, melalui Tim Korkot, kami telah melakukan Rekomitmen Ulang terhadap Personil Fasilitator yang kami nilai perlu meningkatkan intensitas pendampingan di masyarakat, dengan harapan bisa terjadi perubahan yang siqnifikan dan bisa lebih optimal menjalankan tugas pendampingan di masyarakat. Mendampingi bukan berarti hadir pada pertemuan-pertemuan formal saja, tetapi melainkan juga melakukan kegiatan informal dengan bersilaturahmi kepada masyarakat kami jadikan penekanan, karena itu merupakan bentuk sosialisasi yang efektif bagi fasilitator. Termasuk di dalamnya juga adalah manajemen pengelolaan Posko Tim Fasilitator, bagaimana bisa menciptakan kegiatan yang berimbang antara aktifitas pendampingan di lapang dan aktifitas ketika berada di posko. 2. Monitoring terhadap fasilitator tetap kami laksanakan baik melalui uji petik ataupun supervisi dengan langsung mengunjungi Tim Korkot secara berkala di seluruh wilayah Propinsi Jawa Timur. Dalam Monitoring tersebut dilakukan juga upaya diskusi untuk memberi wawasan guna peningkatan kapasitas fasilitator baik secara tim maupun secara personal berkaitan dengan pekerjaan pendampingan. Disamping monitoring secara langsung pengendalian fasilitator juga kami lakukan dengan cara melakukan evaluasi penilaian kinerja fasilitator secara berkala setiap bulan dan setiap tiga bulan sekali guna mengetahui perkembangan personil fasilitator baik dari segi kapasitas pemahaman terhadap pekerjaan, pendampingan dan proyek serta untuk melihat komitmen tanggung jawab fasilitator terhadap wilayah dampingannya. 3. Proses rekruitment personil di OSP 6 Propinsi Jawa Timur selalu kami upayakan dengan proses yang benar sesuai dengan prosedur yang berlaku dalam PNPM Mandiri Perkotaan. Calon fasilitator harus melalui serangkaian test yang diantaranya adalah test di Tim korkot dan jika dianggap layak akan dikirim ke OSP 6 Propinsi Jawa Timur yang kemudian melakukan test terhadap calon tersebut. Test yang kami maksudkan berupa test kompetensi sesuai bidang jabatan yang menjadi tujuan (Fasilitator Sosial atau Fasilitator Teknik ataukah Fasilitator Ekonomi) dan test yang bersifat penegasan komitmen terhadap pekerjaannya kelak. 4. Kami senantiasa terbuka menerima kritik, saran dan informasi berkaitan dengan pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan yang bertujuan baik untuk meningkatkan kinerja guna mencapai pembangunan masayarakat kearah yang lebih baik terutama masyarakat miskin, rentan dan perempuan. Demikian jawaban kami atas informasi yang Bapak sampaikan, semoga memberi kepuasan dan kami tetap membuka ruang diskusi bagi siapa saja yang mempunyai tujuan yang sama yaitu peduli terhadap pembangunan masyarakat miskin. Salam Pemberdayaan Oversight Service Provider 6 Propinsi Jawa Timur Pranata Putra, ST Team Leader Tembusan Kepada Yth : 1. Legal and Complaint Handling (PPM) Specialist KMP PNPM-MP Wil. 2; 2. Arsip. Download file terlampir: No_25_2013_Jawaban_Pengaduan_Online_9_2_2013_Kediri.pdf (418 KB)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.