JAMINAN SEBAGAI FASILITATOR

May 3,2013
Program pemberdayaan masyarakat akhir-akhir ini luar biasa ditingkatkan. Pemerintah sangat cepat dalam penanggulangan kemiskinan melalui program pemberdayaan. kondisi ini menjadikan profesi FASILITATOR/KONSULTAN sangat diminati. Ribuan tenaga profesi fasilitator ada dimana-mana dengan bermacam keahlian dan kemampuan. Banyak yang sudah 10 tahun berkarier di dunia pemberdayaan. Yang menjadi pemikiran dan kekwatiran kita kedepan. Apakah tenaga fasilitator ini ada jaminan keberlanjutannya. Apakah ada lembaga/organisasi yang menaunginya? Apakah mereka yang mengabdi bertahun-tahun ada jaminan dari pemerintah. Seyogyanya kita melindungi dan mensejahterakan mereka. khususnya FASILITATOR... Mohon perhatiaannya.... terima kasih

Tanggapan 1

Posted by |May 6, 2013|
  1. Yth. Rekan Soeroso Karyono, Terima kasih telah menggunakan Media Pengaduan Online ini. Profesi fasilitator eksistensinya di dunia pemberdayaan di Indonesia belum diakui seperti di negara lain, sehingga perlu rekan-rekan fasilitator memiliki wadah atau naungan (seperti, yg disampaikan rekan Soeroso). Kemenkokesra sebagai payung nasional dari PNPM Mandiri telah mengupayakan langkah-langkah tersebut melalui sertifikasi fasilitator oleh LSP atau mengikuti asosiasi profesi sesuai latar belakang pendidikan bidang masing-masing. Silahkan mendaftar ke lembaga sertifikasi tersebut di wilayah masing-masing. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by |May 7, 2013|
  1. Yth. PPM PNPM MANDIRI PERKOTAAN Terima Kasih atas tanggapannya… Program P2KP tahun 1999-2007 dilanjutkan PNPM MP tahun 2007-Sekarang (2013). ibarat seorang anak pastinya dia berusia 14 Tahun atau sudah Lulus SD dan naik SMP. Harusnya kita sudah naik kelas atau naik tingkat. Konsultan tentunya sangat paham visi dan misi sebuah jaminan kesejahteraan dan adanya harapan. Adanya jenjang structural pastinya yang menjalankan. Jangan hanya jenjang itu dinikmati sendirian. Kami sangat mendukung adanya sertifikasi fasilitator. Jangan hanya sebagai wacana tapi ditindaklanjuti serius SAMPAI BAWAH. Pemimpin adalah pengayom, pelindung bagi yang dipimpin. Terima Kasih…

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.