Pengaduan SPBM-USRI-Kebumen

Dec 16,2013
Dengan Hormat, Sehubungan dengan adanya program pembangunan prasarana fisik SPBM-USRI yang berlokasi di RT 06/RW I Kelurahan Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen – Jawa Tengah telah menimbulkan keresahan dan perpecahan di masyarakat setempat dikarenakan oleh tidak adanya surat pernyataan persetujuan dari warga di sekitar lokasi sebagai warga terdampak mengacu pada: A. Undang – Undang Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. B. Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Nomor 17 Tahun 2012 tentang Keterlibatan Masyarakat Dalam Proses Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup dan Izin Lingkungan. C. Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2012 tentang Izin Lingkungan. Maka kami warga terdampak yang menolak adanya bangunan tersebut telah mengambil langkah sebagai berikut : 1. Mengajukan keberatan kepada Lurah Kebumen secara lisan pada tanggal 28 Oktober 2013. 2. Melayangkan surat pengaduan disertai tandatangan warga terdampak yang tidak setuju kepada Satpol PP dengan tembusan Camat Kebumen, Dan Ramil Kebumen, Ka Polsek Kebumen, Dinas Lingkungan Hidup Kab. Kebumen, Dinas Perijinan Terpadu Kab. Kebumen, dan Lurah Kebumen tertanggal 29 Oktober 2013. 3. Melayangkan surat penolakan kepada Lurah Kebumen tertanggal 4 November 2013. Hingga tanggal 10 November 2013 ternyata tidak ada respon. Selanjutnya: 4. Pada tanggal 11 November 2013 warga terdampak melakukan aksi pemasangan spanduk yang berisi penolakan bangunan yang dimaksud. 5. Pada tanggal 11 November 2013 (malam hari) warga terdampak memberi teguran secara lisan kepada Ketua KSM selaku Pelaksana Proyek agar segera menghentikan pembangunan yang tidak mendapat persetujuan dari warga tersebut akan tetapi KSM tetap bersikeras untuk melanjutkannya. 6. Pada tanggal 17 November 2013 warga terdampak melakukan aksi pemasangan sepanduk kembali yang berisi penolakan bangunan yang dimaksud. 7. Pada tanggal 18 November 2013 warga terdampak mengadu ke Komisi A DPRD Kabupaten Kebumen. 8. Pada tanggal 18 November 2013 (malam hari) warga terdampak memperingatkan secara lisan pihak FASKEL untuk segera menghentikan pembangunan tersebut serta mengembalikan keadaan seperti kondisi semula akan tetapi tidak ada respon meskipun FASKEL juga menyatakan bahwa pihaknya telah ditipu oleh panitia pembangunan yang mengatakan bahwa pembangunan tersebut telah memenuhi persyaratan dan prosedur yang pada nyatanya tidak ada persetujuan dari lingkungan dalam hal ini warga terdampak. 9. Pada tanggal 25 November 2013 warga terdampak mengadu kepada Kepala Kejaksaan Negeri Kebumen dengan tembusan kepada Bupati Kebumen, Dandim 0709/Kebumen dan Kapolres Kebumen. Namun, hingga saat ini pembangunan tersebut masih tetap berjalan. Dengan surat ini, kami warga terdampak yang berlokasi di RT 06/RW I Kelurahan Kebumen, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen – Jawa Tengah yang menolak pembangunan tersebut melapor kepada Program Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan (P2KP). Demikian surat ini kami sampaikan sebagai pengaduan. Mengingat persoalan ini telah menimbulkan keresahan dan perpecahan warga, besar harapan kami untuk bisa ditindaklanjuti secepatnya, sehingga hak asasi kami sebagai warga Negara untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat tetap terpenuhi. Terima kasih. Hormat kami Mewakili warga yang menolak Ravie Ananda

Tanggapan 1

Posted by |Dec 17, 2013|
  1. Kepada Yth, Rekan Ravie Ananda Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Kami informasikan bahwa media ini untuk pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan. Silahkan pengaduan anda disampaikan ke situs Program Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat (SPBM) di http://ciptakarya.pu.go.id/spbm-usri/index.php?page=pengaduan/pengaduan Demikian yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan II

Tanggapan 2

Posted by |Dec 20, 2013|
  1. Kepada Yth, Rekan Ravie Ananda Di tempat Berikut Penjelasan dari Bp. Hari Prasetyo mengenai USRI: --- Program SPBM (Sanitasi Perkotaan Berbasis Masyarakat) merupakan salah satu komponen program USRI (Urban Sanitation and Rural Infrastructure) yang diselenggarakan sebagai salah satu program pendukung PNPM Mandiri, khususnya PNPM Mandiri Perkotaan, sekaligus sebagai kegiatan pendukung percepatan pencapaian target MDG’s Ruang lingkup kegiatan program SPBM mencakup (1) penyediaan prasaran/sarana sanitasi masyarakat, meliputi fasilitas MCK Komunal dan (3) instalasi pengolahan air limbah-IPAL komunal serta (3) berbagai kegiatan pengembangan kapasitas masyarakat maupun pemerintah daerah. Lokasi SPBM tahun 2013, berada di Kel/Desa sasaran PNPM Perkotaan terpilih dengan melibatkan BKM/LKM yang ada dengan difasilitasi oleh “Fasilitator yang direkrut oleh Program USRI”. Dalam melakukan fasilitasi kepada masyarakat (misalnya rembug-rembug di tingkat masyarakat dll.), fasilitator SPBM-USRI harusnya selalu berkoordinasi dengan Tim Fasilitator PNPM Perkotaan di Kel/Desa dimana program SPBM dilaksanakan. Pelaksanaan program SPBM-USRI di awalai dengan proses rembug warga mulai tingkat Kel/Desa hingga rembug warga tingkat RT/RW. Rembug warga ini disamping untuk melakukan sosialiasi program dan kegiatan SPBM-USRI, juga untuk mendapatkan kesepakatan-kesepakatan terkait dengan perencanaan, pelaksanaan (termasuk tempat/locus pembangunan MCK/IPAL Komunal), pemantauan/monitoring dll. Dengan harapan seluruh rencana dan pelaksanaan kegiatan (termasuk tempat/locus pembangunan MCK/IPAL komunal dll), diketahui, disetujui dan dapat berjalan lancar sesuai dengan rencana kerja serta didukung oleh seluruh warga. Sebagai bukti telah ada proses rembug warga tersebut dapat dilihat (di check) pada (1) undangan Rembug RT/RW; (2) Berta Acara (BA) rembug warga RT/RW dan (3) Daftar hadir rembug warga RT/RW. Oleh karena itu, bila ada warga yang melakukan protes dan/atau keberatan atas pelaksanaan kegiatan SPBM, perlu dilakukan pengecekan kembali : Apakah proses rembug warga tingkat Kel/Desa dan RT/RW dilaksanakan dengan baik dalam pengertian melibatkan seluruh atau sebagaian besar warga; Apakah hasil rembug warga telah disosialisasikan kepada masyarakat Hal di atas, yang menurut saya harus dilakukan dan hasil pengecekan dapat digunakan oleh para pihak untuk memfasilitasi penyelesaian masalah/pengaduan ini dengan sebaiknya-baiknya -- Wassalamu'alaikum Wr. Wb ttd Hari Prasetyo Email-1 : prasetyo_ jbr2003@yahoo.com Email-2 : prasetyo.jbr2003@gmail.com --- Kami ucapakan terima kasih atas fasilitasi Bp. Hari Prasetyo. Demikian yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan II

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.