alokasi dana pelatihan

Feb 20,2014
Pada TA. 2013, kami mendapat BLM untuk kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas masyarakat, yang berupa : 1. Pelatihan Forum Komunikasi BKM 2. Pelatihan Penguatan sekretariat, UPK dan Dewan Pengawas UPK 3. Pelatihan Penguatan UPL 4. Pelatihan Penguatan UPS 5. Pelatihan Relawan 6. Pelatihan Penguatan BKM, UP-UP, relawan, dan aparat kelurahan 7. Pelatihan KSM 8. Pelatihan RT/RW 9. Media Warga Total dana BLM untuk kegiatan di atas adalah Rp. 10.000.000,- Pada prinsipnya, kami selaku pelaksana PNPM-MP di tingkat kelurahan sangat mendukung kegiatan tersebut karena di dalam PJM Pronangkis di kelurahan kami memang ada program/kegiatan ini. Namun, kami menyayangkan bahwa alokasi dananya sangat minim, dengan jumlah peserta yang banyak dan JPL yang panjang juga. Idealnya untuk pelatihan seperti ini harus ditunjang dengan anggaran yang memadai sehingga dapat menghasilkan output yang diinginkan. Pertanyaannya adalah : apakah dengan dana yang minim ini juga dimaksudkan sebagai dana stimulan sehingga kekurangan dana dari BLM harus dipenuhi melalui swadaya masyarakat? Kalau menurut pendapat saya, khusus untuk dana BLM yang diperuntukkan kegiatan pelatihan adalah sangat tidak cocok jika diasumsikan seperti kegiatan lainnya. Alangkah lebih baik jika anggaran pelatihan dibuat secara fleksibel, dengan harga satuan yang standar serta memungkinkan diakomodirnya dana untuk mendatangkan narasumber sehingga dapat menambah wawasan peserta pelatihan. Semakin banyak narasumber, maka akan semakin berbobot output pelatihan tersebut. Untuk itu, kami harapkan untuk masa yang akan datang agar alokasi anggaran untuk kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dapat lebih dibuat dengan kepatutan alokasi dana karena dengan demikian KSM selaku pelaksana kegiatan dapat berbuat lebih banyak dalam mencari upaya-upaya agar pelatihan tersebut berhasil guna dan berdaya guna bagi pengembangan masyarakat.

Tanggapan 1

Posted by |Feb 20, 2014|
  1. Kelurahan Bangka Belitung Laut Kecamatan Pontianak Tenggara Kota Pontianak Prop. Kalimantan Barat.

Tanggapan 2

Posted by |Feb 24, 2014|
  1. Kepada Yth. Rekan Hendra Suardi di tempat Terima kasih telah menggunakan Media Pengaduan Online ini. Pengaduan rekan Hendra akan kami teruskan ke Unit Satuan Kerja (USK) Pelatihan untuk ditanggapi. Tanggapan selanjutnya akan kami tayangkan dibawah setelah mendapat jawaban dari Unit Satuan Kerja Pelatihan. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam, PPM- PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.