Paklaring untuk Jamsostek

Apr 11,2014
Selamat siang, Saya Mudo Hari S, adalah bekas karyawan di PT MTLi. Saya bekerja pada PT tersebut pada tahun 2012 hanya bekerja 3 bulan dan pada saat mengundurkan diri mengajukan surat pengunduran diri ke perusahaan secara tertulis dengan jangka waktu selama 15 hari sejak penyerahan surat karena telah mendapatkan pekerjaan yg lebih baik di tempat yang baru. Alasan saya meminta paklaring semata-mata untuk mencairkan dana JAMSOSTEK saya, bukan untuk mencari pekerjaan baru. Tetapi perusahaan menolak memberikan surat referensi kerja dengan alasan sebagai berikut (jawaban manager HRD melalui email) 'Mengenai permintaan surat referensi yang bapak ajukan, perlu saya sampaikan bahwa HRD harus melakukan verifikasi atas data-data kepegawaian bapak, dimulai dari waktu bergabungnya bapak dengan PT. Mitra Timur Lestari, selama bekerja hingga proses pengunduran diri. Dari data yang ada, saya melihat beberapa catatan dalam proses pengunduran diri bapak, antara lain masa kerja yang hanya 3 bulan, proses pengajuan pengunduran diri yang tidak diajukan 1 bulan sebelumnya ( pengajuan dibuat pada tanggal 28 September 2012 dan efektif keluar 15 Oktober 2012 ) dan track record selama bekerja. Oleh karena itu, HRD tidak dapat memberikan surat referensi yang bapak ajukan.' Tetapi seperti yang saya ketahui pada pasal 1602 z KUHPerdata Perusahaan wajib memberikan surat keterangan kerja. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah benar jika suatu perusahaan berhak untuk tidak memberikan paklaring padahal tujuannya untuk dana JAMSOSTEk bukan mencari pekerjaan yang baru. Jika tanpa surat tersebut dana saya tidak akan cair. Apakah tindakan perusahaan melanggar pasal 1602 z KUHPerdata? dan langkah apa yang harus saya lakukan agar bisa memperoleh surat Referensi kerja tersebut? mengingat Surat tersebut penting bagi saya. Sekian terimakasih. :)

Tanggapan 1

Posted by |Apr 15, 2014|
  1. Kepada Yth, Rekan Mudo Hari Sulaksono Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Permasalahan yang anda sampaikan pada forum ini tidak tepat, karena forum ini hanya untuk pelaksanaan kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan. Kami sarankan sampaikan permasalahan anda ke website Depnakertrans di http://www.depnakertrans.go.id/contact.html Demikian yang dapat disampaikan. PPM PNPM Mandiri Perkotaan II

Tanggapan 2

Posted by |Apr 15, 2014|
  1. Selamat Pagi, Mohon maaf kalau saya bertanya di tempat yang salah. karena sebelumnya saya membaca pertanyaan yang kurang lebih sama. http://www.p2kp.org/pengaduandetil.asp?mid=2766&catid=1& Terimakasih atas tanggapannya. Salam :)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.