diskusi

May 15,2014
jika ada kelompok yang melakukan tunggakan (kredit macet/wanprestasi), dapatkan dituntut secara hukum dan apa dasar kita untuk melakukan tuntutan hukum ?

Tanggapan 1

Posted by |May 16, 2014|
  1. Yth. Ikram Kia di tempat Terima kasih telah menggunakan Media Pengaduan Online ini. Tentang kredit macet pada lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) di Program Penanggulangan Kemiskinan ini mengedepankan proses musyawarah dan kekeluargaan di dalam penyelesaiannya. sehingga bila terdapat kelompok peminjam yang menunggak supaya ditempuh melalui jalur tersebut terlebih dahulu. Oleh karena itu, bila terjadi penunggakan pinjaman oleh beberapa kelompok maka dapat diberikan sanksi sosial, dimana LKM dan pihak RT/RW melakukan sanksi administrasi kepada anggota kelompok penunggak tersebut, dengan tidak memberikan fasilitasi administrasi bila warga yang menunggak tersebut mengurus surat-surat yang membutuhkan keterangan dari RT/RW sampai kelurahan. Itu salah satu bentuk sanksi sosial yang bisa diterapkan didalam mengatasi kredit macet di PNPM Mandiri Perkotaan ini. Bila terjadi kasus peminjaman yang di dalamnya ada unsur penipuan dan penggelapan dana maka boleh ditempuh melalui jalur hukum. Bila memang terbukti ada indikasi tersebut, dapat segera melaporkan kepada pihak-pihak RT/RW sebelum kepada pihak berwajib. Demikian disampaikan, semoga bermanfaat.Terima kasih. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan I

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.