Pengaduan On-Line

Faskel kurang Paham PNPM

Jubran Jan 9,2009
LKM "ORA ET LABORA" sudah terbentuk di Kelurahan Karombasan Selatan kecamatan Wanea, Manado bulan November 2008. Dana termyn I 60 juta sudah masuk. Tapi ketika mau kerja Faskel tidak memiliki data-data yang diperlukan LKM seperti Pemetaan Swadaya, Warga Miskin dan Relawan. Apa memang LKM harus melaksanakan tugas2 Faskel bila hal-hal tersebut belum dilaksanakan?.. Mohon jawabannya. Tks.

Tanggapan 1

Posted by |Jan 12, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Relawan Karsel di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Perlu diketahui bahwa Siklus Pemetaan Swadaya seharusnya sudah dilakukan diawal mulainya program setelah siklus refleksi kemiskinan. Faskel mempunyai peranan penting untuk melakukan pendampingan pada pelaksanaan siklus pemetaan swadaya. Seharusnya BKM sudah memiliki data dari hasil kegiatan pemetaan swadaya sebagai berikut: 1. Data-data dan rumusan permasalahan warga miskin menyangkut permasalahan lingkungan, sosial dan ekonomi; 2. Daftar keluarga miskin (nama dan alamat) serta permasalahan-permasalahan khusus dari masing-masing jiwa; 3. Peta wilayah, peta sebaran warga miskin dan peta-peta tematik (kesehatan, pendidikan, sarana-prasarana lingkungan, dan sebagainya sesuai kebutuhan); 4. Kriteria kepemimpinan yang disepakati oleh masyarakat sebagai dasar bagi pemilihan anggota lembaga kepemimpinan masyarakat (BKM/LKM); 5. Daftar lembaga pengambilan keputusan untuk penanggulangan kemiskinan di tingkat kelurahan/desa yang sesuai dengan kriteria BKM/LKM. PPM Pusat akan meminta klarifikasi dan fasilitasi kepada KMW 5 (Sulawesi Utara) mengenai permasalahan ini. Wasalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan-P2KP

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.