Korban Talut PNPM

Jan 13,2015
Pembangunan talut dari program PNPM perkotaan tahun anggaran 2014 di wilayah kelurahan tegalgunung, kec. Blora, kab. Blora, Propinsi Jawa Tengah.... terkesan amburadul dan terkesan dipaksakan sehingga kami yang menjadi korban.....pembuatan talut yang semestinya sepanjang 100m hanya direalisasikan 77m terhenti di tanah kami dengan alasan dananya habis sehingga buangan air dari talut menggenangi tanah kami dan ini jelas sangat merugikan kami sebagai masyarakat karena sebelum pembuatan talut hal tersebut tak pernah terjadi..... ketika kami konfirmasi ke pengurus desa.... jawabannya sangat ironis.... karena dananya tidak mencukupi hanya bisa sampai disitu dan katanya akan dilanjutkan tahun depan 2015...... tapi kapan ????? sekarang musim penghujan sehingga debit air cukup tinggi dan tak mustahil kami akan menikmati genangan air musim hujan ini....apalagi pembuatan talut tersebut terkesan tidak ada plan yang jelas buangan air akan dibuang kemana..... sebagai warga masyarakat biasa kami mesti bagaimana ? dan harus mengadu kepada siapa? dan kami tak pernah menerima konfirmasi baik dari pihak RT maupun Kelurahan akan pembuatan talut tersebut

Tanggapan 1

Posted by |Jan 14, 2015|
  1. Kepada Yth, Elyeser Setyo Wibowo Di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Berikut ini tanggapan dari Tim Korkot Blora OSP-5 Propinsi Jawa Tengah atas informasi yang anda sampaikan: ----------------------------------------------------------------------------------------------------------- Sebelumnya disampaikan terima kasih atas pengaduan sdr Elyeser Setyo Wibowo, hal ini kami anggap sebagai indikasi keberhasilan transparansi di wilayah Kelurahan Tegalgunung khususnya dan program PNPM-Mandiri Perkotaan umumnya. Menindalanjuti pengaduan on line oleh Elyeser Setyo Wibowo, pada tanggal 13 Januari 2015 tentang pembangunan talut di Kelurahan Tegalgunung Kecamatan Blora Kabupaten Blora, maka Tim Korkab Blora pada hari Selasa tanggal 15 Januari 2015 pukul 19.00 Wib sampai dengan selesai bertempat di Basecamp Korkab telah melakukan pertemuan yang dihadiri oleh Koordinator BKM Argo Mulyo Kelurahan Tegalgunung, Ketua KSM Murai 1, Pelapor/Pengadu, Tim Korkab, dan Tim Fasilitator untuk memfasilitasi dan mengklarifikasi pegaduan dimaksud serta menyusun penyepahaman bersama. Adapun hasil dari pertemuan tersebut adalah sebagai berikut:
    • Dari penjelasan Koordinator BKM dan Ketua KSM bahwa kegiatan pembangunan Saluran (bukan Talud) di wilayah RT 05/RW II dilaksanakan oleh KSM Murai 1 berdasarkan prioritas usulan dan telah melalui perencanaan dan rembug di tingkat RT. Usulan dari masyarakat melalui RT, panjang saluran adalah 100 meter dengan dana APBD sebesar Rp. 11.500.000 dan swadaya Rp. 2.952.000. Namun setelah diverifikasi usulan dengan panjang 100 meter tersebut tidak cukup, sehingga panjang saluran disesuaikan dengan anggaran menjadi 77 meter (sesuai proposal dan RAB kegiatan). Setelah pekerjaan selesai panjang realisasinya menjadi 80 meter (sesuai dengan LPJ kegiatan).
    • Adapun terjadinya genangan air disekitar lokasi kegiatan setelah ditelusuri sumbernya disebabkan karena ada saluran utama (diluar saluran yang dibangun PNPM MP) yang ditutup oleh seoarang warga sehingga air tidak dapat mengalir dengan lancar. Pengecekan di lokasi kegiatan oleh Tim Fasilitator pada hari Selasa siang tanggal 15 Januari 2015 pukul 11.30 yang kebetulan dalam kondisi hujan deras membenarkan hal itu.
    • Terkait dengan tindak lanjut penyelesaian persoalan banjir (baca : genangan air) tersebut sudah dan akan ditempuh langkah penyelesaian berdasarkan rapat musyawarah di tingkat RW pada tanggal 5 Januari 2015 dan rapat musyawarah di tingkat RT pada tanggal 11 Januari 2015 yang hasilnya akan dilakukan kerja bakti warga tingkat RW dilokasi kegiatan pada hari Minggu pagi tanggal 18 Januari 2015 untuk menyelesaikan persoalan genangan air yang sumber masalah.
    • Pelapor/pengadu akhirnya bisa memahami dan menerima penjelasan tersebut, namun ini sebagai pembelajaran ke depan sebaiknya BKM dan Tim Fasilitator melakukan control mulai perencanaan hingga pelaksanaan kegiatan sehingga hal tersebut secara teknis bisa diantisipasi agar tidak terjadi lagi.
    • Terlampir disampaikan juga
      ==>(Berita Acara Penyelesaian Pengaduan )
      ==>( Foto Kegiatan Pengaduan 1)
      ==>( Foto Kegiatan Pengaduan 2)
Demikian di sampaikan dan sebagai laporan tindak lanjut diucapkan terima kasih. a/n Tim Korkab Blora Yuli Muryanto ----------------------------------------------------------------------------------------------------------- Demikian yang dapat disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. PPM Pusat mengucapkan terima kasih kepada Tim Korkab Blora OSP-5 Provinsi Propinsi Jawa Tengah atas fasilitasinya. PPM PNPM MANDIRI PERKOTAAN II

Tanggapan 2

Posted by |Jan 14, 2015|
  1. Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Damai Sejahtera untuk kita semua..... Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Tim Korkot Blora OSP-5 Propinsi Jawa Tengah untuk reaksi cepat tanggapnya dalam menjalankan tugas pelayanannya sehingga keluhan yang pernah saya sampaikan segera ditindaklanjuti. Tidak lebih dari sehari Tim Korkab PNPM perkotaan Kab. Blora sudah mengirimkan tim untuk melakukan cek lokasi dan malamnya Tim Korkab PNPM perkotaan Kab. Blora bertindak sebagai fasilitator dengan mempertemukan berbagai pihak yang terkait dalam masalah tersebut guna duduk bersama menyelesaikan permasalahan yang pernah saya sampaikan sebelumnya. Saya ucapkan terima kasih untuk seluruh warga/pengurus Rt05 serta warga/ pengurus Rw02 Kelurahan Tegalgunung, Kec. Blora, Kab. Blora atas perhatian dan sumbangsihnya turut berpartisipasi dalam memberikan solusi bagi masalah yang sedang saya hadapi dengan melakukan kerja bakti membuatan saluran tambahan sementara serta membuka akses saluran air utama dengan harapan semua itu akan memberi dampak tak ada lagi tumpahan air liar masuk dan menggenangi di tanah saya jika terjadi hujan. Saya mengucapkan terima kasih juga KSM dan BKM Kelurahan tegalgunung atas pengertian dan kerjasamanya sehingga dengan cepat bisa menemukan solusi atas apa yang pernah saya keluhkan. Semoga semua ini bisa menjadi titik introspeksi dan pembelajaran bagi semua pihak sehingga masalah seperti ini bisa diantisipasi dan tak lagi terjadi di kemudian hari. Mohon maaf atas ucapan dan tindakan saya yang mungkin kurang berkenan. Akhir kata, Wassalamualaikum Wr. Wb Hormat saya, Elyeser Setyo Wibowo

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.