Kegiatan Pemasangan Pipa

Jan 16,2015
Hasil pengaduan masyarakat, bahwa hasil dari kegiatan masyarakat yang menelan anggaran -+ 20 jt, tidak dapat diterima oleh masyarakat dikarenakan bahan yang dipakai untuk kegiatan jauh dibawah standart, sehingga masyarakat enggan untuk melanjutkan kegiatan tersebut untuk jangka yang panjang. (BLM I 2014) Masyarakat menilai bahwa kegiatan tersebut dikelola oleh oknum LKM yang mana oknum tersebut masuk di dalam keorganisasian KSM.( barang tidak sesuai dengan anggaran) mohon tindak lanjutnya karena SECARA ADMINISTRASI " KEGIATAN DIKATAKAN SUDAH SELESAI" SEDANGKAN PENERIMA MANFAAT TIDAK ADA!!!, Karena UNTUK MASALAH ADMINISTRASI (LPJ) sudah dikerjakan oleh FASILITATOR KK 2 Bpp. Kepada OSP 6 KAL-TIM MOHON TINDAK LANJUTNYA ATAU PIHAK YANG BERKEPENTINGAN DALAM HAL KEGIATAN INI. TERIMA KASIH salam pemberdayaan semoga dengan kritik ini dapat membangun KARAKTER YANG LEBIH BAIK, jangan mendiamkan apa yang SALAH dan apa yang BENAR, semua harus di koordinasikan

Tanggapan 1

Posted by |Jan 19, 2015|
  1. Kepada Yth, Rekan Pemerhati Pemberdayaan Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Mohon dicantumkan alamat lengkap (Kelurahan/Desa, Kecamatan, dan Kota/Kabupaten) sehingga kami dapat memfasilitasi pengaduan anda. Demikian yang dapat disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. PPM PNPM Mandiri Perkotaan II

Tanggapan 2

Posted by |Mar 15, 2015|
  1. Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur Kota Balikpapan tepatnya di RT. 15

Tanggapan 3

Posted by |May 6, 2015|
  1. Kepada Yth, Pemerhati Pemberdayaan di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Berikut ini tanggapan dari Irmawati Kala Korkot 2 OSP-06 Propinsi Kalimantan Timur atas informasi yang anda sampaikan: ----------------------------------------------------------------------------------------------------------- Berikut ini Penjelasan dari OSP-06 Propinsi Kalimantan Timur: Permasalahan yang sebenarnya adalah belum dimanfaatkan bukan tidak ada pemanfaatnya, masyarakat RT 15 merasa tarif yang diberikan oleh pengelola air di RT 16 yg akan disalurkan ke RT 15 termahal dan masyarakat tidak sanggup untuk membayarnya sehingga air belum dimanfaatkan oleh masyarakat RT 15 walaupun mereka telah memasang pipa (baca BLM sebesar Rp. 12.500.000) secara gotong oleh masyarakat RT 15. Rembuq sudah beberapa kali dilaksanakan untuk mendapatkan kesepakatan bersama dengan pengelolah air bersih di RT 16 tapi belum ada kesepakatan yg baik. Hingga akhirnya tanggal 24 April 2015 diadakan rembuq oleh masyarakat RT 15 di mushollah Rt 15 yang sepakat akan menyediakan kilometer sendiri dan tandon sendiri dengan pengerjaan secara gotong royong. Pada tanggal 30 April 2015 hari Kamis bertempat di Mushollah Jabal Rahma RT 15 Kelurahan Teritip Kecamatan Balikpapan Timur. Pada rapat rembuq itu dihadiri masyarakat RT 15, KSM, Lurah Tertitip, LKM Teritip Mandiri, PPK PIP Kota Balikpapan, Tim Korkot dan Faskel. Diadakan rembuq untuk mengklarifikasi atas PPM dan hasilnya adalah 1. Dana Pipanisasi sebesar Rp. 12.500.000,- bukan -+ 20 juta 2. Kegiatan sudah dilaksanakan secara gotong royong dan progress 100% 3. Kualitas material sudah sesuai dengan standard (merk pipa wavin) dan yang membeli adalah KSM sendiri (Pak Syukur) 4. Penerima manfaat -+ 20 KK 5. LPJ dibuat sendiri oleh Ketua KSM (Pak Syukur) dibantu oleh bu Andi sekeretaris LKM. Faskel membantu dalam hal verifikasi LPJ Berikut lampiran jawaban (klik gambar untuk unduh file) :

    ----------------------------------------------------------------------------------------------------------- Demikian yang dapat disampaikan, atas perhatiannya diucapkan terima kasih. PPM Pusat mengucapkan terima kasih kepada Korkot 2 OSP-06 Propinsi Kalimantan Timur atas fasilitasinya. PPM PNPM MANDIRI PERKOTAAN II

Tanggapan 4

Posted by |Jun 19, 2015|
  1. Mohon Maaf Sebelumnya baru saya lihat hasil klarifikasi ini. Tapi mohon maaf?, apa bedanya belum dimanfaatkan dan tidak ada pemanfaatnya, kalau secara nalar Project ini dikatakan GAGAL artinya tidak tepat sasaran, dari yang saya lihat pada Absen Tgl. 24 April 2015 Banyak Kejanggalan, Absen Mulai dari No.9-15 apakah memang ada orangnya hadir?, atau hanya akal-akalan LKM/KSM dan pihak FASILITATOR, dan juga pada saat rembug tidak ada satupun dari Fasilitator yang ikut menghadiri rembug tersebut. Dan setelah kami koordinasikan dengan masyarakat RT. 15 yang Bernama Pak Yunus Beliau mengatakan tidak Pernah Mengikuti Rembug Warga Pada Tgl Tersebut Di Atas, dan sampai Hari ini Jum’at Tanggal Sembilan Belas Bulan Enam Tahun Dua Ribu Lima Belas Tidak Ada Satupun Pemanfaat warga RT. 15 untuk memanfaatkan air bersih yang dikelola di RT 16 memasang Kilometer air dan juga Tandon jadi apakah dalam artian Project ini selesai????, 1. Untuk tanggapan dana yang -=+ 20 Juta memang benar -+20 jt itu dengan dana Swadaya untuk Dana BLM sendiri memang Rp. 12.500.000,- apakah salah kami menyebutnya -+ 20Jt? Apakah tenaga mereka yang bekerja tidak dihitung walaupun mereka tidak menerima bayaran????!!! 2. Betul Kegiatan sudah dilaksanakan 100%, tapi apakah dengan tidak adanya Pemanfaat untuk memanfaatkan air bersih sudah dikatakan 100%????, mohon jawabannya? sampai sekarang ini apakah ada!!! 3. Kualitas material dengan dana tersebut seharusnya BAIK, tapi kami yakinkan bahwa Pipa yang dipasang masih dibawah standart boleh dibuktikan( Harga dan Kwalitas) dimana KSM membeli, karena warga masyarakat RT. 15 Tidak mau memanfaatkan PIPANISASI dikarenakan pada saat Pemasangan ada sebagian Pipa yang Pecah tapi dipaksakan untuk di PASANG.(Kesaksian Ketua KSM Pak Syukur). 4. Penerima Manfaat -+20 KK apakah bisa dibuktikan 5 KK saja sudah syukur ada yang mau apalagi 20 KK, dari absen yang hadir saja pada saat rembug tidak sampai 20 orang apakah bisa dikatakan pemanfaat 20 KK???, MENGADA ADA SAJA. 5. LPJ dibuat oleh KSM Pak Syukur, dibantu oleh Sekretaris LKM dan dibimbing oleh Fasilitator?????, tanda tanya bagi kami kalau memang ada tim dari OSP, SC, OC dan KMP datang bisa dilakukan test terhadap pak Syukur dalam mengerjakan LPJ saya jamin pasti kelabakan KSM, LKM dan Fasilitatornya, Kami Mau Bertanya Sejak Kapan Ada KSM di LKM yang bisa membuat LPJ Khusunya Infrastruktur!!!? Jadi kesimpulannya Project yang ada di RT. 15 Kelurahan Tertitip untuk sampai sekarang ini dikatakan Belum 100% selesai apalagi sudah ada LPJ-nya sudah selesai, Karena tidak ada Pemanfaat yang memanfaatkan “Air Bersih Tersebut”!!! Mohon Tanggapannya dari PIHAK yang berkepentingan dalam hal Pengelolaan Air Bersih. Terima Kasih Salam, Pemerhati Pemberdaya

Tanggapan 5

Posted by |Jul 24, 2015|
  1. OOOOOO jadi memang sampai disitu aja permasalahannya dianggap SELESAI !!!!, jadi apa yang kami pertanyakan dianggap ANGIN, apa memang seperti itu tindakan dari Stagholder setempat khususnya di KK 2 Balikpapan, tidak memberikan penjelasan yang signifikan?, masalah seharusnya diselesaikan bukan dengan tanda tangan yang notabene tidak ada artinya!!!:mad setelah kami crooschek lagi kelokasi kenyataannya memang belum ada yang memasang Meteran AIR Ataupun TANDON apakah kegiatan pemasangan PIPA dianggap sudah SELESAI!!!!! menurut kami tidak SELESAI karena TIDAK ADA YANG MEMANFAATKAN dari HASIL KEGIATAN TERSEBUT, MUBAJIR PIPA UDAH BERUMUR HAMPIR 5 BULAN Di TANAM Tanpa ada yang memanfaatkan, PERCUMA AJA PROGRAM INI DILANJUTKAN KALAU TIDAK ADA PEMECAH PERMASALAHANNYA TOLONG PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT SEGERA MEMBANTU TEREALISASINYA PEMANFAATAN AIR BERSIH YANG SUDAH ADA SEHINGGA PIPA YANG DIPASANG TIDAK MUBAJIR. OPS 6 KAL-TIM DINAS PEKERJAAN UMUM BALIKPAPAN (SELAKU PENGADAAN AIR BERSIH) KECAMATAN BALIKPAPAN TIMUR KELURAHAN TERITIP DAN PIHAK-PIHAK YANG TERKAIT DALAM KEGIATAN PIPANISASI RT. 15 KELURAHAN TERITIP TERIMA KASIH MOHON TINDAK LANJUTNYA DARI ADMIN P2KP

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.