Penilaian BKM

Mar 5,2015
Assalamu'alaikum wr.wb Saya relawan P2KP/PNPM-MP semenjak 2007, pernah menjadi koordinator BKM BINA MANDIRI Desa Jatisawit Kec. Jatibarang Kab. Indramayu, sampai saya tidak bersedia dipilih kembali. Saya ingin menyampaikan sedikit kejanggalan dalam penillaian kinerja BKM saat TP. Dalam laporan yang disampaikan oleh Faskel team 2 Kec. Jatibarang menyebutkan BKM kami sebagai BKM yang berdaya dan mandiri, baik dalam kelembagaan, program maupun keuangan. Padahal fakta dilapangan BKM kami semestinya TIDAK BERDAYA. Mengapa? Karena baik masyakat ,anggota , pemerintah desa tidak paham apa itu PNPM-MP,PPMK, Siklus PNPM-MP, dan tidak pernah rapat anggota serta tidak mampu melakukan kemitraan. Jadi siapa yang menilainya ,? Masyarakat desa Jatisawit tidak pernah merasa menilai, dan jarang melakukan TP (Tinjauan Partisipatif) atas BKM. Jangan sampai PNPM-MP ini dilaporkan yang baik- baik saja, dan tidak sesuai kondisi dilapangan oleh pihak- pihak yang berkepentingan dalam program ini. Sebetulnya masih banyak yang saya ingin sampaikan, tapi sementara iti dahulu. Terima kasih atas perhatiannya dan mohon maaf bila ada pihak yang merasa tersinggung. Wassalam wr.wb. Jatisawit 05 Maret 2015 Hormat saya Durokhim Kaspan

Tanggapan 1

Posted by |Mar 6, 2015|
  1. Yth. Durokhirm Kaspan di tempat Terima kasih telah menggunakan Media Pengaduan Online ini. Pengaduan tentang Penilaian BKM i dinyatakan telah "Mandiri". Padahal yang semestinya " Berdaya" karena belum mampu bermitra dsb. Penilaian kelembagaan BKM melalui Review kelembagaan, review keuangan dan review program dalam Siklus Tinjauan Partisipatif (Siklus TP) dilakukan oleh Tim TP yang terdiri dari unsur pemerintah, masyarakat, tokoh masyarakat,relawan dan anggota BKM. Bila dalam penilaian tersebut tidak sesuai/ tidak sepakat bisa disampaikan sebetulnya dalam Rembug Warga Tahunan (RWT). Kami memahami penilaian kelembagaan ini dapat dipengaruhi oleh faktor subyektifitas penilaiannya.Oleh karena itu, Sdr. Durokhim sebagai mantan relawan dapat memberikan masukkan tentang hal tersebut dalam rembug warga atau terlibat dalam penilaian kelembagaan ini supaya obyektif. Dan bila pada kenyataanya, penilaian kelembagaan ini tidak melibatkan unsur diluar BKM. Justru ini yang harus dipertanyakan kepada BKM dan fasilitatornya. Namun demikian, informasi dan masukkan ini sangat berharga bagi kami untuk peninjauan kembali hasil evaluasi ini. Kami berharap seluruh relawan/ warga masyarakat yang dilatih diharapkan dapat memberikan masukkan pada BKM tentang penilaian kelembagaan ini. Demikian disampaikan tanggapannya, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan I

Tanggapan 2

Posted by |Mar 6, 2015|
  1. Terima kasih atas penjelasannya. Tapi perlu saya beritahukan bahwa BKM Bina Mandiri Desa Jatisawit Kec. Jatibarang Kab. Indramayu Propinsi Jawa Barat, selama 2 tahun belakangan ini tidak pernah melakukan TP apalagi RWT, dan anehnya lagi Kami disuruh membuat laporan yang seakan-akan melaksanakan semua kegiatan itu dengan jumlah daftar hadir dan tanggal pelaksanaan yang sudah disetting oleh Team Faskel kami. Kami berpikir jangan-jangan laporan Faskel tentang kegiatan PNPM-MP di desa kami dibuat sedemikian rupa, seakan-akan berjalan baik. Terima kasih atas perhatiannya.

Tanggapan 3

Posted by |Mar 28, 2015|
  1. Pertama-tama kami (para relawan) ingin menyampaikan permohonan maaf kepada semua pihak, terutama kepada teman-teman BKM Bina Mandiri Desa Jatisawit dan Sahabat kami Faskel Team 2 Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, atas pengaduan kami selaku Relawan PNPM-MP tentang penilaian BKM, yang telah menuduh BKM di Desa kami belum melakukan TP, RWT selama ini. Ternyata anggapan itu SALAH, dan mereka pihak BKM telah melakukan konfirmasi tentang masalah ini yang difasilitasi oleh Faskel kami. Pihak BKM Bina Mandiri ternyata selama ini telah melakukan kegiatan apa yang dinamakan TP dan Kegiatan RWT, alasan mereka (Pihak BKM ) tidak menyertakan atau memberitahu kami dalam kegiatan tersebut yakni : 1. Saat itu mereka tidak mau mengganggu kesibukan kami yang terfokus pada masalah pelimpahan kepemimpinan di Desa Jatisawit. 2. Mereka ingin menunjukan kepada kami , bahwa mereka ingin mandiri dan tidak ingin terus tergantung kepada sebagain para relawan atas apa yang mereka lakukan di tahapan PNPM-MP. 3. Pada saat itu para Relawan termasuk kami duduk di kepanitian Pemilihan Kepala Desa, jadi mereka tidak ingin kesibukan para relawan bertambah dan tidak ingin kegiatan PNPM tersebut masuk dalam ranah politik desa, yang takut disalahgunakan oleh pihak calon Kepala Desa. 4. Menjaga ketidakberpihakkan (Netralisasi) di saat situasi memasuki masa-masa kampanye Pemilihan Kepala Desa, serta menjaga kehormatan kami selaku Panitia PILKADES. Dalam kegiatan TP pihak BKM telah memdapatkan rekomendasi mengenai Penguatan Kelembagaan. Maka dari itu kami sekali lagi mohon maaf, aduan kami ini sebenarnya untuk mengingatkan betapa pentingnya kegiatan TP dan RWT guna mengetahui seberapa percayanya masyarakat dan seberapa transfarannya laporan kegiatan serta menampung perkembangan aspirasi-aspirasi masyarakat. Kedepan kami telah sepakat dengan Pihak BKM untuk duduk bersama-sama, saling bahu-membahu, bekerjasama, demi penataan pembangunan desa Jatisawit yang berkesinambungan. Terima Kasih Wassalam Durokhim Kaspan :)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.