Solusi Pinjaman Macet

Apr 8,2015
Assalamu'alikum Wr.Wb. Salam sejahtera untuk semua, pertama-tama saya mohon maaf apabila saya terlalu sering menyampaikan permasalahan melalui pengaduan online ini, juga kepada teman-teman Team Faskel kami, KorKot, AssKot, KMW Jawa Barat atas tindakan saya ini, bukan berarti saya meragukan kemampuan teman-teman Faskel. Perlu saya sampaikan bahwa BKM Bina Mandiri Desa Jatisawit Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu Propinsi Jawa Barat telah mendapatkan Dana BLM Ekonomi untuk kegiatan ekonomi pinjaman bergulir. Pada awalnya kegiatan ini berjalan lancar tanpa ada permasalahan, lama-kelamaan timbul permasalahan klasik yakni pinjaman yang macet. BKM dan UPK Bina Mandiri sudah melakukan tindakan berupa teguran terhadap KSM yang macet baik berupa peringatan maupun secara administratif, tetapi tetap saja KSM yang macet belum bisa mengembalikan Dana yang macet dengan alasan belum ada dana untuk melunasinya. Hal ini jelas merugikan semuanya, dan akan berdampak tidak baik terhadap calon peminjam lainnya, karena tidak ada sanksi yang memberatkan. Mohon kiranya, solusi apa yang tepat untuk mengatasi permasalahan ini, agar semua pihak merasa tidak dirugikan atau keberatan dan apakah perlu UPK Bina Mandiri menerapkan aturan main yang baru untuk mengamankan dana pinjamaqn tersebut dengan menerapkan sistem anggunan ? Terima kasih atas perhatiannya Wassalam.:)

Tanggapan 1

Posted by |Apr 9, 2015|
  1. Yth. Durokhim Kaspan di tempat Walaikum salam Warahmatullahi Wabarokatuh, Terima kasih kembali telah menggunakan Media Pengaduan Online ini. Kang Durokhim jangan merasa canggung terhadap permasalahan kredit macet ini untuk bertanya. Permasalahan kemacetan dana bergulir ini memang terjadi sebagian besar BKM yg melakukan kegiatan perguliran. Kami di pusat pun sedang mengupayakan suatu formula yg jitu untuk mengatasi kredit macet ini. Formula ini sedang diujicobakan di tiga lokasi pilot projectnya 15 kelurahan di tiga Provinsi. Konsep perguliran dana di dalam pemberdayaan ini sebelumnya sudah dijalakan di Kabupaten Bogor oleh rekan-rekan di Institut Tazkiah. Oleh karena itu, untuk menjawab pertanyaan kang Durokhim tentang bagaimana mengatasi kredit macet. Pertanyaan ini akan dijawab oleh USK Mikro Kredit pada tayangan berikutnya. Demikian disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan I

Tanggapan 2

Posted by |Apr 9, 2015|
  1. Terima kasih kembali. Atas perhatiannya. Tadinya kami BKM Bina Mandiri bersama pengurus UPK juga sedang berusaha mencari solusi yang tepat dalam pengelolaan dana bergulir, sebab inti dari pinjaman bergulir adalah meningkatkan mata pencaharian keluarga. Maka dari itu pernah kami ajukan saran kepada rekan-rekan BKM dan UPK, sistem bagi hasil. Yakni dana berguliran yang dilakukan secara kelompok, dan didalamnya terdapat salah satu penduduk yang mempunyai usaha yang mapan atau tidak termasuk kelompok miskin, dana tersebut dijalankan oleh orang yang mempunyai usaha itu, sehingga anggota lainnya sebagai investor kecil, yang merupakan tenaga kerja/pegawai dari orang tersebut. Sehingga setiap bulannya anggota kelompok akan memperoleh selain gaji juga pendapatan dari modal yang dijalankan oleh ketua kelompok yang mempunyai usaha tersebut. Tapi konsep ini belum dijalankan karena takut menyalahi aturan main dalam PNPM-MP. Wassalam.:)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.