PHK sebelah pihak

May 24,2015
Dear Bapak / Ibu yang Berwenang, Saya Ponco Nuriman, saya bekerja di perusahaan elektronik kulkas di PT. Topjaya Antariksa Electronics (TOSHIBA), Cakung, Jakarta Timur sebagai Staff Product Development. awalnya saya dikontrak 3 bulan masa percobaan dimulai dari 5 januari 2015 dan habis tanggal 5 April 2015 dengan gaji belum penyesuaian kenaikan upah per januari 2015. setelah habis saya lapor keatasan saya untuk memfollow up contract saya ke bagian management(HRD) dan mendapat jawaban akan dipersiapkan oleh HRD. setelah mendesak dan menunggu hingga 1 bulan lebih akhirnya saya dipanggil untuk perpanjang kontrak pada tanggal 14 mei 2015. akan tetapi ada kejanggalan pada point kontrak salary gaji saya tidak disesuaikan dengan kenaikan yang sudah diatur dengan pemkot DKI, melainkan gaji saya sama dengan operator produksi ( background pendidikan saya Diploma 3 dgn pengalaman 2 tahun kerja). saya menolak untuk menandatangani kontrak tersebut karena belum sesuai, dan setelah bernegoisasi pihak HRD menjanjikan akan mempersiapkan ulang kontrak saya yang sudah direvisi pada point salary. seminggu kemudian pada tanggal 20 mei saya dipanggil oleh pihak HRD dan ternyata keputusanya saya di PHK dengan alasan karena kondisi keuangan perusahaan yg semakin terpuruk akibat ekonomi global. setelah saya kroscek ternyata banyak pemutusan kontrak secara sepihak di departemen lain departmen engineering 10 orang (termasuk saya), QC 5, gudang 17orang.dll satu kasus lagi pada BPJS, pada slip gaji saya 3 bulan sudah dipotong untuk BPJS akan tetapi sampai saat ini saya belum menerima kartu BPJS nya, bahkan pernah saya sakit dan ingin merembeus biayanya ke pihak perusahaan, mereka menolak untuk menggantinya dengan alasan2 yang tidak masuk akal. menurut saya pemutusan beberapa pegawai kontrak ini hanya untuk menghindari pembayaran THR kepada karyawan kontrak saja. pertanyaanya apakah kasus pemutusan kontrak saya ini dibenarkan? jika tidak mohon berikan acuan hukumnya? dan mohon ditindaklanjuti agar tidak terjadi hal serupa kepada karyawan lain yang bekerja disana. terima kasih.

Tanggapan 1

Posted by |May 25, 2015|
  1. Kepada Yth, Ponco Nuriman Di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Saudara Ponco Nuriman dapat disampaikan bahwa media pengaduan ini hanya untuk pengaduan yang berkaitan dengan pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan. Untuk persoalan yang anda alami kami sarankan untuk mengakses Website http://naker.go.id atau http://dev.enjoypacker.com/ Atau dapat datang langsung di alamat Jl. Prapatan No. 52 Jakarta Pusat, atau dapat menghubungi 021-3846121 Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat. PPM PNPM Mandiri Perkotaan II

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.