PENGADUAN DAN TINDAKLANJUT A

Oct 16,2015
Dengan Hormat, Saya yang bertanda tangan dibawah ini ; Nama : ANDI MANJARUNGI NIK : 220113511 Tempat/Tanggal Lahir : Ujung Pandang, 22 Januari 1974 Alamat : Jl. Maccini Raya I No. 48 Makassar Status Karyawan : Karyawan Tetap sebagai kolektor No Telpon/HP : 0411 444 548 / 0821 950 93 457 Dengan ini mengajukan pengaduan kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gowa perihal adanya PHK (Pumutusan Hubungan Kerja) Sepihak oleh PT MEGA AUTO FINANCE CABANG GOWA, yang beralamat di Jalan Mesjid Raya - Gowa Adapun duduk permasalahannya adalah sebagai berikut : 1. Bahwa pada tanggal 01 Juli 2013 saya dinyatakan PHK ( pemutusan hubungan kerja ) sepihak oleh pihak Pt. Mega Auto Finance 2. Bahwa setelah kejadian tersebut keesokan harinya saya dipanggil oleh pihak Pt. Mega Auto Finance untuk kembali bekerja tapi dengan syarat masa kerja dimulai dari nol sebagai karyawan baru dan pada waktu itu tidak bisa saya penuhi. 3. Bahwa antara Pihak Pt. Mega Auto Finance cab. Gowa dengan saya selaku pekerja telah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja (“PHK”) yang tidak ditandai adanya Putusan Surat Keterangan Perihal : Berakhirnya Masa Kerja yang telah di tetapkan oleh pihak Pt. Mega Auto Finance Cab. Gowa adalah tindakan sepihak; 4. Bahwa adapun yang menjadi alasan pihak Pt. Mega Auto Finance cab. Gowa untuk melakukan PHK (Pumutusan Hubungan Kerja) terhadap saya adalah keputusan sepihak dengan menyatakan saya telah diberhentikan dari Kantor Pusat tanpa adanya alasan yang jelas 5. Bahwa selama saya bekerja pada Pt. Mega Auto Finance cab. Gowa saya tidak pernah mengetahui adanya Surat Keterangan, yang mana seharusnya saya sebagai karyawan Tetap 6. Bahwa oleh karena hak normatif merupakan hak Pekerja yang dimiliki dan harus dipenuhi berdasarkan undang-undang, maka saya selaku Pekerja berhak untuk meminta agar dipenuhi Hak-hak saya (Pesangon) dan Sisa jam kerja saya oleh Pt. Mega Auto Finance cab. Gowa dalam melaksanakan kewajibannya; 7. Bahwa Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gowa selaku pejabat negara yang diberikan kewenangan melakukan pengawasan terhadap Ketenagakerjaan, sudah sepatutnya memanggil kembali saya dengan pihak Pt. Mega Auto Finance cab. Gowa dengan Pesangon dan sisa jam kerja yang belum diberikan secara penuh kepada saya selaku pekerja; 8. Bahwa dengan ini saya memohon kepada Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gowa untuk menyelesaikan permasalahan ini dengan seadil-adilnya hingga sampai adanya kesepakatan bersama. Demikianlah surat ini saya sampaikan. Bahwa saya sangat menghargai apresiasi dan kerja keras Dinas Tenaga Kerja dalam menjalankan fungsi dan kewenangannya, khususnya dalam hal penyelesaian perselisihan hak Pekerja atas adanya PHK (Pumutusan Hubungan Kerja). Atas segala perhatiannya, saya ucapkan terima kasih.

Tanggapan 1

Posted by |Oct 20, 2015|
  1. Yth. ANDI MANJARUNGI di tempat Pengaduan yang Saudara sampaikan salah alamat. Pengaduan online ini hanya untuk pengaduan yang berkaitan dengan Program Peningkatan Kualitas Kawasan Permukiman (Kementerian PU). Pengaduan Rekan Andi tidak dapat kami fasiitasi.Mohon maaf, atas hal tersebut. Salam, PPM- P2KKP I

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.