pembayaran penalty

May 22,2016
Selamat pagi. Saya erpan saya tinggal di kota bandung. Alamat email saya er.abdurrochman@gmail.com Saya ingin menanyakan tentang biaya penalty. Saya ikut walkin di salah satu outsourching di kota bandung. Dan saya lolos untuk bekerja. Setalah saya mengikuti training selama 4 hari saya merasa kurang srek dengan pekerjaan tersebut. Tapi saya tetap bertahan. Setelah masa training berakhir lantas saya mendapat seragam kerja dan sebuah program software untuk mengisi absen dan laporan pada saat bekerja, Dan saya harus menahan ijazah di outsourching tersebut. Ketika pada hari kedua setelah saya mendapatkan seragam kerja saya mengundurkan diri dari perusahaan tersebut karena ada pekerjaan yang lebih baik dari pekerjaan tersebut. Lalu saya mengajukan resign. Waktu saya mengajukan resign pihak hrd dan manager mengabulkan permitaan saya, dan saya mengharuskan mengembalikan atribute kantor satu hari setelah saya mengajukan resign. Pada saat saya mengembalikan seragam dan akan mengambil ijazah saya diharuskan membayar penalty sebesar Rp.1000.000 saya kaget karna teman saya yang resign satu hari sebelum saya dia tidak mengharuskan membayar penalty, mungkin karena teman saya tidak menahan ijazah. Tetapi saya diharuskan membayar penalty tersebut. Saya merasa sangat tidak adil. Nah yang mau saya tanyakan adalah apakah saya harus membayar penalty tersebut ? Dan ada seorang SPV di perusahaan tersebut bilang ke saya bahwa tidak pernah ada kejadian seperti ini yang mengharuskan membayar penalty, dan setahu saya didalam UUD ketenagaan kerjaan membayar penalty harus ada perjanjian di dalam kontrak perjanjian kerja sedangkan saya belum menandatangin kontrak tersebut. Pihak outsourching pun mengatakan bahwa saya tetap harus membayar penalty meskipun belum mendatangani kontrak karna nama saya sudah masuk kedalam sistem perusahaam tersebut. Dan pada saay perekrutan pihak HRD tidak pernah memberitahu adanya biaya penalty. Itu saja yang ingin saya tanyakan. Mohon bantuannya untuk menjawab pertanyaan saya. Terimakasih.

Tanggapan 1

Posted by |May 23, 2016|
  1. Kepada Yth, Rekan Erpan Abdurrochman Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Mohon maaf kami tidak dapat memfasilitasi pengaduan anda. Media pengaduan ini hanya untuk kegiatan pelaksanaan KOTAKU. Silahkan sampaikan pengaduan anda pada Kantor Dinas Ketenagakerjaan Terdekat. Demikian yang dapat disampaikan. PPM P2KKP Wilayah 2

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PIM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.