Pengaduan On-Line

Modul Coaching PPM Bagi BKM

Jan 29,2008

BKM dalam melaksanakan kegiatannya mendasarkan pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan demokrasi, agar upaya penanggulangan kemiskinan yang dirintis bersama masyarakat melalui P2KP menjadi optimal dan berkesinambungan. Sebab dengan adanya prinsip-prinsip tersebut pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan menjadi bagian dari seluruh pelaku, merasa memiliki, bertanggungjawab bersama, dan saling percaya untuk bekerjasama demi kemajuan bersama.

Salah satu wujud penerapan prinsip-prinsip kemasyarakatan tersebut, adalah terbuka ruang bagi masyarakat ataupun pihak lain yang berkepentingan untuk ‘berkomunikasi’ dengan pelaku P2KP berkaitan dengan pelaksanaan di lapang. Komunikasi yang dimaksud meliputi : Keingintahuan, klarifikasi, masukan, keberatan/tuntutan ataupun pengaduan terkait dengan masalah atau penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan P2KP. Agar masyarakat bisa mengkomunikasikan semua itu, maka BKM sangat perlu untuk membuka ‘ruang komunikasi’ yang bisa dinamai sekaligus dikelola dengan baik. Dalam rangka terselenggaranya komunikasi tersebut maka BKM perlu memotivasi masyarakat agar mempunyai kepedulian untuk mengoptimalkan ruang tersebut sehingga ketidaktahuan, kesalahpahaman dan penyimpangan bisa diminimalisir. Oleh karena itu agar semua pihak memahami substansi dan mekanisme pengaduan perlu dilakukan coaching kepada pelaku-pelaku P2KP di lapang yang meliputi Korkot, Faskel, anggota BKM, relawan dan Masyarakat.

Untuk membantu pelaksanaan coaching tersebut, maka berikut ini disampaikan Modul Coaching PPM Bagi BKM yang dapat di download di bawah ini.

Download
Modul Coaching PPM untuk BKM 
(Pdf file, 818 Kb)

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.