Pengaduan On-Line

Panduan Pengoperasian Aplikasi Pengelolaan Pengaduan

Jan 29,2008

Salah satu peran pengelolaan pengaduan masyarakat adalah untuk memberikan pembelajaran-pembelajaran konkret dan praktis dalam menangani persoalan-persoalan terkait kemiskinan di lingkungannya secara terorganisasi, terbuka dan dikelola secara bertanggung jawab. Situasi ini tidak akan terjadi begitu saja, tetapi memerlukan suatu proses dan peng-kondisian yang dirancang didalam PPM PNPM-P2KP melalui mekanisme dan prosedur yang dikembangkan secara bertahap sesuai dengan tingkat kebutuhan dan pemahaman masyarakat.

Dalam rangka membangun mekanisme dan prosedur pengelolaan pengaduan masyarakat, dikembangkan suatu alat berupa sistem aplikasi komputer, yang berfungsi untuk mendokumentasikan seluruh proses penanganan pengaduan masyarakat kedalam database, sebagai bahan untuk analisis maupun lesson learned.

Aplikasi ppm ini adalah merupakan bagian dari sub sistem SIM-P2KP yang dikembangkan secara offline, serta dapat diakseskan kepada Website P2KP untuk menampilkan ringkasan hasil analisis dan detil proses penanganan pengaduan masyarakat.

Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan download melalui menu di bawah ini.

Download
Panduan Pengoperasian Aplikasi PPM
(Pdf file, 516 Kb )

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.