Pengaduan On-Line

Masyarakat Vs Consultant

rejosari Feb 6,2009
ketika consultant menggembar-gemborkan nilai-nilai demokrasi, transparansi, dan juga akuntabilitas bagaimana dengan pihak konsultan sendiri?. melihat kenyataan dilapangan, ketika ada dana BLM yang diperuntukkan untuk pembelajaran penanggulangan kemiskinan. masyarakat diharuskan membuat RAB dana tersebut dengan sangat detail dan harus mentransfaransikan laporan penggunaanya kepada publik dipapan papan pengumuman masyarakat dan sebagainya, ini merupakan kemajuan yang sangat baik. Lantas bagaimana dengan pihak consultantsendiri????apakah consultant juga melakukan hal yang sama????atau setidaknya hampir mendekati apa yang dilakukan oleh masyarakat? kenyataan yang kami lihat dilapangan : ketika ada pelatihan-pelatihan yang dilakukan untuk pengembangan kapasitas masyarakat, dimana transparansinya consultant???? atau memang masyarakat tidak berhak mengetahui besaran maupun penggunaan dana tersebut? akan tetapi mengapa beberapa Kab/Kota di Sumatera Utara melibatkan masyarakat dalam pengelolaan dana tersebut? apakah ini tidak melanggar aturan? kapan dan dimana kira-kira kami dapat mengetahui hak-hak yang seharusnya menjadi hak masyarakat ???.

Tanggapan 1

Posted by |Feb 6, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Januari Siregar di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Mengenai data penggunaan dana program penanggulangan kemiskinan di perkotaan yang telah diimplementasikan oleh konsultan dapat diakses di http://www.p2kp.org/web/laporandetil.asp?mid=82&catid=15& Semoga ini dapat memberi informasi terkait transparansi penggunaan anggaran program. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan-P2KP

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.