Pengaduan On-Line

Modul PPM untuk Fasilitator

Jan 29,2008

Dalam pelaksanaan kegiatannya, Fasilitator mendasarkan pada prinsip-prinsip transparansi, akuntabilitas, partisipasi dan demokrasi, agar upaya penanggulangan kemiskinan yang dirintis bersama masyarakat melalui P2KP menjadi optimal dan berkesinambungan. Sebab dengan adanya prinsip-prinsip tersebut pihak-pihak yang terlibat dalam kegiatan penanggulangan kemiskinan menjadi bagian dari seluruh pelaku, merasa memiliki, bertanggungjawab dan saling percaya untuk bekerjasama demi kemajuan bersama.

Salah satu wujud penerapan prinsip-prinsip kemasyarakatan tersebut adalah terbuka ruang bagi masyarakat ataupun pihak lain yang berkepentingan, untuk 'berkomunikasi' dengan pelaku P2KP terkait dengan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Komunikasi yang dimaksud meliputi : keingintahuan, klarifikasi, masukan, keberatan/tuntutan ataupun pengaduan terkait dengan masalah atau penyimpangan yang terjadi dalam pelaksanaan P2KP.

Agar masyarakat bisa mengkomunikasikan semua itu, maka Fasilitator sangat perlu untuk mendorong terbuka nya ‘ruang komunikasi' yang bisa dinamai sekaligus dikelola dengan baik. Melalui Modul ini diharapkan dapat membantu Fasilitator dalam memahami konsep PPM di P2KP, memahami pentingnya PPM sebagai pembelajaran kritis masyarakat serta kontrol sosial, dan memahami pentingnya kepedulian masyarakat untuk mengoptimalkan PPM.

Untuk mengetahui lebih jelas, silahkan download melalui menu di bawah ini.

Download :
1. COVER (Pdf file, 400 Kb )
2. Kurikulum (Pdf file, 96 Kb )
3. Matriks GBPP (Pdf file, 35 Kb )
4. PP - Konsep PPM (Pdf file, 84 Kb )
5. Contoh Kasus (Pdf file, 30 Kb )
6. Media Bantu - 1 (Pdf file, 175 Kb )
7. PP - Penanganan Pengaduan (Pdf file, 86 Kb )
8. Media Bantu - 2 (Pdf file, 356 Kb )
9. BB - Pengaduan masyarakat (Pdf file, 173 Kb )
10. Penanganan Pengaduan (Pdf file, 274 Kb )
11. PP - Memotivasi Masyarakat (Pdf file, 87 Kb )
12. PP - Memahami Modul PPM untuk BKM & Relawan (Pdf file, 90 Kb )

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.