Pengaduan On-Line

Bantuan Lanjutan CHANNELING

W@hyoenn!e Mar 1,2009
Kepada Yth, KMP/SNVT/Management P2KP di tempat. Saya kebetulan salah seorang FASKEL di wilayah KMW XIV. Pengaduan saya ini dapat dijadikan suatu rujukan/masukan/teguran bagi kita semua. Belum lama ini saya bersama dengan BKM sudah mulai memasuki dana BLM Term III tahun anggaran 2008. Disalah satu kegiatan BKM (Kegiatan Sosial) kami mencoba mencari mitra untuk menyelesaikan permasalahan yang ada di PJM BKM (Term III). Alhamdulillah kami mendapatkan berbagai bantuan dari beberapa pihak baik pribadi atau lembaga. Walaupun saat ini sudah berjalan seperti suatu kegiatan yang lepas (tidak terikat), sehingga nantinya semua permasalahan dapat dilimpahkan kepada pihak BKM/Masy. Yang menjadi pertanyaan saya : 1. Apakah ini dapat dikatakan sebagai bentuk/wujud channelling/mitra? 2. Saumpama iya bagaimana kam (BKM+FASKEL)i membuat suatu kesepakatan kerja sama (MOU), walaupun nilainya tidaklah besar. Karena saya mencoba bertanya kepada KMW tidak punya/bisa, KORKOT begitu pula. Lalu Kami harus bertanya kepada siapa? Dari 2 pertanyaan diatas, mungkin dapat saya sarankan agar dari pihak KMP dapat memberikan contoh-contoh bentuk kerja sama dengan pihak peduli/ke-3 entah itu dalam bentuk TULISAN/Artikel yang baku. Karena ini akan sangat berguna sekali bagi BKM/FASKEL. Dan mungkin dapat ditambahkan dalam materi tambahan dalam pelatihan FASKEL. Sehingga kedepan kami dapat lebih MANDIRI?????? Terima kasih atas perhatiannya. Dam mohon tanggapan dari KMP/Managemen.

Tanggapan 1

Posted by |Mar 2, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Iwan Kurniawan di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Berdasarkan buku channeling P2KP (silahkan minta ke KMW bila tidak ada mohon minta ke KMP dengan TA. Sosialisasi KMP P2KP 2) disebutkan bahwa channeling P2KP adalah kegiatan yang dilakukan oleh P2KP dan semua pelakunya dalam rangka memfasilitasi terjadinya kemitraan (partnership) dan /atau kerjasama (co-operation) antara Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) P2KP dengan calon mintranya dalam rangka mendukung pencapaian misi dan tujuan P2KP. Kemitraan (partnership) dalam P2KP merupakan kerjasama formal antara BKM dan mitranya (partner) dengan tujuan untuk mendukung program-program BKM dan mitranya yang ditandai dengan adanya penyerahan (bentuk-bentuk) penyertaan dari masing-masing pihak yang pelaksanaannya diawali dengan Berita Acara Kemitraan/Memorandum of Understanding (MoU)/Nota Kesepahaman atau bentuk dokumen semacamnya dan dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku dan prinsip manajerial. Adapun contoh bentuk kerjasama tersebut dapat dilihat pada situs sbb: http://www.p2kp.org/web/bestpracticedetil.asp?mid=14&catid=7& Semoga informasi ini bermanfaat. PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.