Pengaduan On-Line

Penilaian Evaluasi Kinerja

daniel john Mar 5,2009
Seorang atasan perlu mempunyai ukuran kinerja yang jelas terhadap para karyawan/fasilitator supaya tidak timbul suatu masalah. Informasi secara transparan dan akuntabel tentang kinerja karyawan/fasilitator juga diperlukan pula bila suatu saat atasan ingin mengubah sistem yang ada. Kita sering terjebak untuk menilai seseorang berkinerja buruk tanpa dasar dan kebenaran yang sesungguhnya terjadi. Ketika penilaian menggunakan sistem/cara yang dipakai tidak jelas, indikatornya pun tidak jelas maka akan menimbulkan dampak yang bias, rancu, bahkan ada yang dirugikan. Bagaimana mungkin tidak merusak citra fasilitator kalau sistem organisasi/tim dengan menggunakan tipe kepemimpinan "BOSS" sebagai pimpinan/atasan, bukan jiwa pemimpin sebagai atasan/pimpinan. Sehingga dengan menggunakan kekuasaannya untuk mengambil segala tindakan yang disukai/dibenci Boss, maka Boss dapat dengan mudah memanggil dengan surat panggilan, memberi sanksi hukuman bahkan memberhentikan begitu saja sekehendak hatinya. Bila sistem yang diterapkan dengan menggunakan Organizational Clarity, yaitu kejelasan tujuan dan kebijakan yang ditetapkan organisasi/tim dimana segala sesuatu diorganisir, diinformasikan, dan dikoordinasikan dengan jelas maka tidak akan membingungkan, kabur atau kacau. Dan bila sistem yang diterapkan juga dengan menggunakan Warmth and Support, yaitu kehangatan dan pemberian motivasi dan semangat kerja dalam organisasi/tim, maka bisa saling mempercayai dan saling membantu. Dengan demikian sebenarnya kita hanya kurang membangun Trust/kepercayaan yang hakiki diantara kita semua. ARIF R. Ex-Faskel PNPM'07:(

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.