Pengaduan On-Line

PNPM Mandiri

Poniran Apr 5,2009
koq... pengaduan dari saya di girirmaya_membara@ymail.com tentang tidak transparan nya pelaku PNPM Mandiri di Kelurahan Bukit Besar Kecamatan buit Intan Kota Pangkalpinang Prov. Kep. bangka belitung tidak di tanggapi sama sekali ? apa mungkin 1500 nama yang menginginkannya masih tidak cukup dan PNPPM Mandiri terkesan lebih Pro ke BKM (Panitia) yang proses pemilihannya tidak melibatkan warga. hanya melibatkan beberapa orang saja yang notabene kaki-tangan Penghancur Bangsa (NKRI)... tolong dong. dan tentang kebenaran data-data yang kami kirim silakan di cek di Kantor Catatan Sipil Pangkalpinang. Sukses PNPM... Thanks

Tanggapan 1

Posted by Poniran |Apr 5, 2009|
  1. orang yang sama di kepengurusan PNPM Mandiri di tingkat kelurahan, syah ya ? kalau begini... PNPM berganti arti menjadi PROGRAM NASIONAL PERDAYAKANLAH MASYARAKAT dong. PNPM tidak konsekuen dengan visi,misi, maksud dan tujuan berdirinya PNPM di NKRI ini.

Tanggapan 2

Posted by |Apr 8, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Andy Liu Chin Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Sebelumnya kami mohon maaf tidak membalas email anda yang kami terima pada tanggal 23 Maret 2009. Sebenarnya kami telah merespon email anda dengan mengirim surat kepada KMW X ( Sumsel & Babel) pada tanggal 24 Maret 2009 dengan nomor surat : 026/KMP/PNPM/III/2009, perihal: Permohonan Klarifikasi Pengaduan yang disampaikan oleh Warga Kelurahan Bukit Besar. Dimana dalam surat tersebut kami minta penjelasan paling lambat diterima KMP PNPM Mandiri Perkotaan tgl 27 Maret 2009. Tetapi sampai dengan batas yang telah ditentukan kami belum mendapat jawaban dari KMW X. Maka pada tanggal 06 April 2009 kami telepon ke TA. Monev KMW X untuk mempertanyakan surat tersebut di atas. Ternyata belum dapat menjawab surat tersebut, dikarenakan adanya penggantian TA. Monev KMW X. Walaupun begitu permasalahan ini telah mendapatkan perhatian dari Team leader KMW tersebut dan sedang dalam proses penanganan oleh Korkot setempat. Kami akan memberikan informasi hasil penanganan bila sudah ada jawaban dari KMW X. Demikian yang dapat disampaikan. Wasalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 3

Posted by |Apr 29, 2009|
  1. Palembang 06 April 2009 N0 : 063/KMW X/ IV/2009 Perihal : Klarifikasi Pengaduan Kelurahan Bukit Besar Lampiran : 3 Lembar Kepada Yth : Team Leader KMP PNPM MP c/q PPM PNPM Mandiri Perkotaan di – J a k a r t a Dengan Hormat, Menanggapi Surat Team Leader KMP PNPM N0 : 026/KMP/PNPM/III/09 tentang Permohonan Klarifikasi Pengaduan Masyarakat yang disampaikan Warga masyarakat Kelurahan Bukit Besar Tanjung Pandan Prop. Bangka - Belitung : Maka perlu kami sampaikan bahwa setelah mengetahui adanya laporan pengaduan segera menghubungi Koordinator Kota 5 Bangka Sdr Kasim Machmud untuk menindaklajuti laporan pengaduan ini dan melakukan langkah langkah penyelesaian jika itu menjadi persoalan di lapang. Dari hasil investigasi lapang yang dilakukan Tim Korkot 5 Bangka maka di dapati Klarifikasi seperti tertera dalam lampiran surat ini. Demikian Surat ini dibuat, atas perhatiannya diucapkan terimakasih Konsultan Manajemen Wilayah X Teguh Muhammad Abduh Team Leader Lampiran Surat KMW N0 : 063/KMW X/ IV/2009 NOTULENSI HASIL REMBUG MENGENAI PENGADUAN MASYARAKAT KELURAHAN BUKIT BESAR • PERMASALAHAN Berdasarkan pengaduan masyarakat kel. Bukit Besar, Perihal mengenai Mosi tidak percaya kepada kepanitian/kepengurusan PNPM Mandiri Perkotaan Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang Prov. Kepulauan Bangka Belitung. Isi dari pengaduan tersebut antara lain: 1. ketidak jelasan kelanjutan PNPM Mandiri Perkotaan di kelurahan Bukit Besar. 2. Mekanisme pemilihan pengurus LKM/BKM 3. Papan Informasi tidak tersedia • TANGGAPAN - Setelah mendapatkan surat yang isinya pengaduan masyarakat yang dilayangkan pada tanggal 23 Maret 2009 di PPM Pusat, LKM Girimaya Karya Bersama Kelurahan Bukit Besar Kecamatan Bukit Intan Kota Pangkalpinang segera melakukan rembug warga khusus yang membahas mengenai perihal pengaduan masyaraat tersebut yang dilaksanakan pada tanggal 26 Maret 2009 dimana didapatkan hasil bahwa pengaduan tersebut hanyalah selentingan dari individu yang mengatasnamakan masyarakat kelurahan Bukit Besar, karena Sebagian masyarakat kelurahan bukit besar telah mengetahui kelanjutan dari PNPM Mandiri Perkotaan. Dari awal kegiatan PNPM Mandiri Perkotaan secara transparan telah dilakukan di masyarakat, mulai dari masalah Konsep sampai dengan Dana BLM yang akan dikucurkan oleh PNPM Mandiri Perkotaan telah disampaikan. Jadi masyarakat telah mengetahui sampai dimana proses PNPM Mandiri Perkotaan dilaksanakan di Kelurahan Bukit Besar. Memang beberapa bulan terakhir yakni tepat nya pada bulan januari 2009 PNPM Mandiri Perkotaan dikelurahan Bukit Besar sempat Vakum dikarenakan kondisi atau komposisi tim Faskel yang belum ditentukan, sehingga menyebabkan pelaksanaan kegiatan menjadi terhambat. - Mengenai pengaduan masalah pemilihan penguras LKM/BKM yang telah diuraikan adalah tidak benar karena proses pemilihan telah dilaksanakan secara langsung di kelurahan Bukit Besar. Jadi proses pelaksanaan telah dilaksanakan berdasarkan ketentuan yang telah disusun oleh tim yang tergabung dalam proses pembentukan LKM/BKM. Proses pemilihan LKM/BKM itu sendiri diawali mulai dari pemilahan kader tingkat basis RT dimana setelah dilakukan pemilihan tingkat basis warga yang telah dipilih dan memperoleh suara terbanyak dari proses pemilihan sebanyak 5 orang diajak untuk ikut pemilihan ditingkat kelurahan. Jadi dari kelima perwakilan dari masing masing RT tersebut melakukan proses pemilihan ditingkat kelurahan yang berlangsung tanggal 19 November 2008 pukul 19.30 wib di Balai Kelurahan Bukit Besar.Hasil pemilihan ditingkat kelurahan inilah yang menentukan siapa yang terpilih menjadi anggota LKM/BKM yang nantinya akan duduk sebagai Pimpinan Kolektif LKM/BKM. Dan dengan keputusan bersama telah ditentukan jumlah anggota LKM adalah 11 orang, Dari utusan yang hadir, utusan dari 3 RT (1, 3 dan 7) tidak terwakili dalam PK BKM yang terpilih. Karena pemilihannya dilakukan secara transparan dan langsung maka hasil pemilihan ini sudah dianggap syah karena tidak semua RT harus terwakili dalam PK BKM ( Kalau jumlah RT nya 79, apakah anggota PK BKM juga harus 79?) dan secara hukum juga LKM telah dicatatkan di notaris. - Mengenai media Bantu papan informasi yang tidak tersedia dikelurahan bukit besar memang benar, hal ini dikarenakan tidak adanya dana untuk pembuatan papan informasi seperti yang dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Jadi pada PNPM-MP untuk lokasi tahun 2008 memang tidak ada distribusi dana untuk pembuatan papan informasi. Untuk ssolusinya LKM akan membuatkan papan informasi menggunakan dana Operasional LKM ditahap I. Jadi pengaduan yang telah disampaikan tersebut adalah tidak benar berdasarkan hasil yang telah dilaksanakan. Demikianlah notulensi ini dibuat berdasarkan rembug warga kelurahan Bukit Besar, bersama ini kami lampirkan foto kegiatan pemilihan anggota LKM/BKM kelurahan Bukit Besar. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Wassalam…

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.