Pengaduan On-Line

OH.... Korkot Depok

Lin May 22,2009
ada apa dgn korkot depok, jawa barat yg menahan-nahan pencairan EKONOMI BERGULIR BLM tahap1 dan keputusan-2 nya yg slalu berubah-rubah atw tdk jelas:?:h oh...Korkot Depok ku yg cantik Linda Herdawati, SE ;) mengapa kau teganya kpd kami.:o

Tanggapan 1

Posted by |May 27, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Dido Priajie Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Berikut ini tanggapan dari KMW PNPM MP Provinsi Jawa Barat atas pengaduan yang anda sampaikan. --- Kepada Yth, Bapak Dido Priajie Pertama-tama saya ucapkan terimakasih atas disampaikan pengaduan di pengaduan online website PNPM MP. Bapak Dido, untuk Kota Depok pada PNPM MP TA 2008 terdapat fasilitasi BLM untuk 20 kelurahan yang meliputi 17 kelurahan kategori Kelurahan Baru 2007, dan 3 kelurahan kategori kelurahan lama PNPM. Untuk progres pencairan BLM, 17 kelurahan baru 2007 telah seluruhnya menyerap BLM, juga terhadap 3 kelurahan pada lokasi lama. Memperhatikan pertanyaan bapak mengenai penundaan atau menahan pemanfaatan BLM I untuk Ekonomi Bergulir, dapat saya sampaikan sebagai berikut : 1. Dari pertanyaan bapak, dapat saya simpulkan bahwa kelurahan bapak merupakan kelurahan lama PNPM. 2. Terhadap pencairan BLM I terdapat syarat yang harus terpenuhi (sebagaimana kebijakan pencairan dan pemanfaatan BLM PNPM MP) yaitu : - BKM telah melaksanakan Review partisipatif (Kelembagaan, Keuangan, dan PJM/Renta Pronangkis); anggota LKM telah habis masa baktinya harus sudah dipilih ulang dengan minimum 30% penduduk dewasa mengikuti pemilihan tingkat basis - Melampirkan PJM dan Rencana Tahunan Pronangkis hasil Review yang telah disepakati masyarakat dan diverifikasi KMW (Korkot) - BKM menandatangani Surat Perjanjian Pemberian Bantuan (SPPB) dengan pihak pemerintah yang diwakili PJOK; - Melengkapi form dokumen pencairan (PP-BLM, BAPPD, Kwitansi, Copy Rek. LKM). 3. Terhadap pemanfaatan BLM I terdapat syarat yang harus terpenuhi (sebagaimana kebijakan pencairan dan pemanfaatan BLM PNPM MP) yaitu : • Melampirkan rencana penggunaan dana/RPD BLM tahap I yang telah disepakati masyarakat dan diverifikasi KMW (Korkot) • Terbentuk KSM/Panitia yang dinilai layak oleh KMW (Korkot) • Proposal/usulan KSM untuk penggunaan dana BLM tahap I telah dinyatakan layak oleh KMW (Korkot) dan disetujui oleh Rapat LKM • Administrasi keuangan (pembukuan) sekertariat telah diverifikasi oleh KMW (Askot Ekonomi/Manajemen Keuangan) dengan hasil baik 4. Terhadap BKM yang akan menerapkan Dana Pinjaman Bergulir untuk kelurahan lama dapat mengalokasikan sebesar 20% dari pagu BLM yang didapat, dengan ketentuan telah memenuhi persyaratan yaitu kinerja pinjaman bergulir mencapai kriteria memuaskan (pinjaman beresiko < 10%, ratio pendapatan biaya > 125%, hasil investasi > 10%) dan bersedia melakukan perbaikan kelembagaan dengan membentuk dewan pengawas keuangan dalam struktur organisasi BKM Bilamana syarat-syarat diatas telah terpenuhi di kelurahan bapak, dipastikan dana BLM dimaksud dapat segera dimanfaatkan termasuk untuk dana pinjaman bergulir. Namun sebaliknya bila belum terpenuhi, perlu dilakukan pemenuhan syarat-syarat dimaksud untuk dapat memanfaatkan dana BLM dimaksud. Demikian yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan menjadi inputan untuk evaluasi bersama terhadap kesiapan masyarakat dalam pemanfaatan BLM. Bilamana jawaban kami dipandang kurang detail, bapak dapat menghubungi kami di pesawat telepon 022-7502373 atau email kmwjabar@yahoo.com. Wassalam, KMW PNPM MP Provinsi Jawa Barat --- Demikian informasi yang dapat disampaikan, PPM Pusat mengucapkan terima kasih atas tanggapan dan kerjasamanya yang diberikan oleh KMW PNPM MP Provinsi Jawa Barat. Wasalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.