Pengaduan On-Line

Penetapan Aturan dari Siapa?

Wiroguno Jun 5,2009
Proyek PNPM di tempat saya dikenai aturan dimana anggota masyarakat wajib gotong royong pada hari kerja maupun hari minggu dan apabila tidak ikut gotong royong pada hari kerja maupun hari minggu serta tidak bisa mencari penggantinyanya pada hari kerja di kenai denda sebesar Rp25.000. Setahu saya dasar Swadaya dalam PTO PNPM Perdesaan adalah kerelaan, tanpa tekanan maupun keterpaksaan dan bantuan masyarakat dapat berupa tenaga, material, maupun dana. Kalau aturan denda pada hari minggu masih bisa saya maklumi, tapi ini diberlakukan pada hari kerja. Yang saya tanyakan, Apakah dibenarkan aturan yang demikian itu? Bukankah aturan yang demikian itu malah membebani masyarakat? Apakah Aturan tersebut ditentukan dari PNPM? Pertanyaan yang saya ajukan kepada ketua pembangunan acuannya selalu Atas Nama Musyawarah. Setahu saya musyawarah ketentuan tersebut baru di rapatkan sekali dan belum final. Proposal yang diajukan kepada pihak PNPM pun masyarakat belum tahu rincian anggarannya, Mohon Petunjuk dan maaf dalam penyampaian mungkin tidak tuntut. (untuk desa yang dimaksud menyusul)

Tanggapan 1

Posted by |Jun 9, 2009|
  1. Kepada Yth : Rekan Mardian Syahrizal di Tempat Terima kasih anda telah menggunakan pengaduan online. Pengaduan online ini diperuntukan bagi pengaduan-pengaduan pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan, dan menyimak pengaduan rekan Mardian tentang "Penetapan Aturan dari Siapa? " seharusnya disampaikan ke pengaduan PNPM Mandiri Perdesaan di : pengaduan@ppk.or.id atau SMS di 021-70417954. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan Salam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.