Pengaduan On-Line

PPM Mandul......Kasus2 SUMUT

bkm_panjunan Jul 6,2009
Mimbar Bebas prnh jadi bahan perguncingan bahwa MB hanya sebagai tong sampah pengaduan yg tdk jelas, untuk menjawab itu semua dan mengakomodir pengaduan agar bisa ditanggapi dgn cepat dan tepat, pihak WEBADMIN P2KP mempromosikan fasilitas PENGADUAN ONLINE sbg wadah untuk teman2 mengadukan kejadian lapangan. tapi ternyata sma juga kondisinya dgn MB. Seperti pengaduan dari teman2 di Sumut (kebetulan saya juga faskel sumut), ada beberapa pengaduan yg hingga saat ini belum ada tanggapan, padahal itu adalah hal yg sangat serius dan tidak main2. misal : PENGADUAN ONLINE 1. tgl 4 Juli 09, Pengadu Antasari Ashat, Isi : KMMW 4 akan Dipidanakan. 2. tgl 3 Juli 09, Pengadu Faskel Tebing, Isi : KMP Terima Suap Radinson, ST 3. tgl 2 Juli 09, Pengadu Antasari Ashat, Isi : Korkot Medan Terdakwa 4. tgl 2 Juli 09, Pengadu Khairudin Hsb, Isi : Korkot 4 Langk Bekap Koruptor 5. tgl 2 Juli 09, Pengadu Rosa Aljaparina, Isi : Irwansyah Korkot 3 Suamiku 6. tgl 2 Juli 09, Pengadu Budi Anduk, Isi : Polres Binjai Didesak 7. tgl 27 Juni 09, Pengadu Endang Dora, Isi : Irwansyah Juga 8. tgl 27 Juni 09, Pengadu Endang Dora, Isi : Masih Seputar Insal Kamil Ep 9. tgl 25 Juni 09, Pengadu Fitri Yanti Yanti, Isi : KMW 4 Sarang Prostitusi 10. tgl 23 Juni 09, Pengadu Fitri Yanti, Isi : Ada Apa SNVT PBL Sumut semua itu adalah ISI PENGADUAN ONLINE yg tak satupun mendapat tanggapan, apa itu karena dianggap sebagai SAMPAH juga, atau PPM memang MANDUL, atau KMP ketakutan menanggapi dgn alasan tdk akan mendapat pelayanan yg prima lagi kalau ke Sumut, atau pengaduan itu tidak berdasar.......atau PPM juga sdh mendapat SUAP dari oknum-oknum terkait. Tolong jangan dianggap sebelah mata pengaduan teman-teman dari Sumatera Utara. Kita ingin Sumut lebih kondusif lagi, tidak seperti dulu lagi. Terima Kasih

Tanggapan 1

Posted by |Jul 17, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Forum Faskel Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Mohon maaf atas keterlambatan dalam menanggapi pengaduan anda. Perlu diketahui bahwa untuk menanggapi pengaduan tersebut PPM Pusat harus mengumpulkan data-data dan melakukan klarifikasi dari pihak yang terkait seperti KMP P2KP Advanced dan KMW 4 serta KMW 5 Sumut. Setelah diperoleh bukti-bukti pendukung tersebut maka PPM Pusat menginformasikan permasalahan ini kepada pengadu. Walaupun terlambat dalam memberikan tanggapan kepada pengadu, PPM Pusat tetap melakukan fasilitasnya. Memang bahwa ternyata informasi yang disampaikan tidak memuaskan semua pihak. Dalam kesempatan ini PPM Pusat juga ingin menanggapi dari rekan-rekan yang menyampaikan tanggapan di mimbar bebas dengan topik yang sama seperti di pengaduan on-line kepada yang terhormat; Surya W. Siagian, Nina K Wijaya, Tony Kurniawan, Rahajeng Adji. Terima kasih atas tanggapan yang diberikan terkait dengan pengelolaan pengaduan masyarakat yang ada di tingkat Pusat. Perlu disampaikan bahwa benar apa yang disampaikan oleh Rekan Nina K Wijaya bahwa personil PPM Pusat hanya terdiri dari TA, Sub TA dan Asisten. PPM Pusat menjalankan fungsi memfasilitasi pengaduan yang disampaikan para pelaku dan pihak lain yang terkait dengan pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan. Apa yang disampaikan oleh rekan Surya W. Siagian ada benarnya bila menyangkut permasalahan yang terjadi di daerah. Karena PPM Pusat akan meminta klarifikasi masalah tersebut ke KMW. Setiap permasalahan yang disampaikan oleh masyarakat, PPM Pusat berpandangan bahwa harus masyarakat sendiri yang menyelesaikan masalah tersebut sedangkan konsultan hanya sebagai fasilitator yang memfasilitasi pertemuan dengan pihak-pihak yang terkait di wilayahnya untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Untuk rekan Tony Kurniawan, kami anggap anda bukan pelaku langsung dilapangan karena anda tidak tahu siapa penanggung jawab PPM ditiap tingkatan (Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi) bila anda pelaku pasti tahu siapa penangggung jawab PPM karena telah dicoaching PPM oleh KMW atau Korkot. Perlu disampaikan bahwa dalam juklak PPM dijelaskan bahwa penanggungjawab PPM ditingkat Kelurahan/Desa adalah Personil yang ada di Sekretariat BKM/LKM bila telah terbentuk bila belum maka Fasilitatorlah yang bertanggungjawab terhadap PPM di wilayahnya. Di tingkat Kecamatan adalah Camat (PPM Kecamatan) atau Tim Faskel (SF) bila belum terbentuk. Di tingkat Kab/Kota adalah Bappeda (PPM Kab/Kota) atau Korkot bila belum terbentuk. Di tingkat Provinsi adalah Bappeda (PPM Provinsi) atau KMW (TA. Monev)bila belum terbentuk. Kepada rekan Rahajeng Adji, PPM Pusat sependapat dengan tanggapan dari rekan Nina K Wijaya. Demikian informasi dan tanggapan yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.