Pengaduan On-Line

Status proses pengaduan pada tiap-tiap KMW

Jul 23,2009

Pengaduan dinyatakan selesai bila ada proses penanganan terhadap setiap permasalahan yang diadukan dan dicapai hasil penyelesaian yang dilakukan oleh masyarakat atau pihak lain yang didampingi/difasilitasi oleh konsultan. Dan hasil penyelesaian tersebut telah diinformasikan kepada pihak yang mengadu. Apabila masalah yang penanganannya sudah sampai pada wilayah hukum, maka dinyatakan selesai:

  • Jika prosesnya sudah di tangani oleh aparat hukum (secara administrasi untuk penutupan database aplikasi PPM dibuktikan dengan surat lapor polisi atau bukti lainya). Namun demikian PPM harus tetap memantau dan melaporkan proses perkembangannya.
  • Dalam memenuhi rasa keadilan serta pembelajaran kepada masyarakat, maka masalah dianggap selesai jika sudah ada keputusan tetap pengadilan. Selama proses hukum, konsultan diwajibkan memonitor dan melaporkan sampai ada keputusan tetap pengadilan.

Pengaduan status proses pada tiap-tiap KMW dimaksudkan agar pihak KMW memberikan perhatian yang maksimal terhadap setiap permasalahan yang masih “berstatus proses”  agar diupayakan segera mendapat penanganan penyelesaian terhadap permasalahan tersebut. Dan diharapkan pihak yang berkompeten dan mempunyai kewenangan terhadap KMW memberikan penekanan dan perhatian terhadap penyelesaian pengaduan dimaksud.

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.