Pengaduan On-Line

curhat

Farizal Aug 31,2009
dear PNPM saya salut pada P2KP karena telah mampu membantu kaum bawah namun sayangnya pelaksanannya ditingkat bawah kok kurang efisien n efektif hal ini bisa dilhat dari lamanya dan lambatnya pelaksanaan dari tiap2 BKM hal ini mungkin karena kurangnya sosialisasi pada warga mungkin sebaiknya P2KP lebih memberi waktu untuk meninjau ulang atau mengkaji ulang potensi dan kebutuhan yang ada di masyarakat, saya juga menyayangkan prosedur dan pembukuan yang terlalu berbelit- belit sehingga masyarakat kebanyakan tidak mengerti tentang aturan yang ada di P2KP. akibatnya pemberdayaan bagi masayarakat juga belum efektif dan terfokus cenderung lebih berfihak pada menengah keatas. saya menyarankan kalo bisa dana untuk ekonomi bergulir diberi lebih dan sistemnya tidak tanggung renteng / perkelompok lagi sebab setelah dilihat dimasyarakat hal ini tidak menguntungkan bagi ketua atau salah satu kelompok. namun jika sendiri atau perorangan mungkin lebih efektif karena kemungkinan resikonnya bisa ditanggung sendiri dan ini tidak terlalu membebani pada salah satu kelompok, karena kita juga harus melihat dari tingkat ekonomi dan pendapatan dari masing2 orang.

Tanggapan 1

Posted by |Sep 1, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Erma Sulistriyani Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Rekan Erma memang tidak semua pelaku dilapangan memiliki kemampuan untuk bisa memberikan pemahaman yang tepat kepada masyarakat. Pelaku lapangan harus memiliki kiat-kiat yang memberikan kemudahan pada masyarakat untuk mengerti dan paham terhadap materi yang harus disampaikan. Mengenai jumlah dana bergulir pada awal perguliran diberikan standar sesuai ketentuan. Dan apabila dalam pelaksanaanya penerima manfaat lancar dalam pembayaran maka jumlah dana bergulir akan ditingkatkan. Dan untuk memperoleh dana bergulir tersebut harus membentuk kelompok (KSM) tidak dapat perorangan. Dasar pemikiran kenapa harus berkelompok adalah agar masyarakat mempunyai kemampuan untuk mengelola kegiatan secara bersama-sama, dari rencana kegiatan yang harus dilakukan (pembuatan proposal), pelaksanaan kegiatan dan hasil pelaksanaan kegiatan dapat bermanfaat untuk kelompok tersebut untuk mengentaskan kemiskinan. Untuk jangka panjang bila kelompok tersebut mampu dan cakap dalam mengelola dana bergulir dengan baik maka diharapkan bisa membuat proposal/memasarkan gagasan kelompoknya untuk kegiatan yang lebih besar. Walaupun begitu terima kasih atas apresiasinya terhadap Program ini. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.