Pengaduan On-Line

kemiskinan

Renisyha Adytia Sep 4,2009
standard kemiskinan paling ideal di ukur dari apanya? tidak bisa kerja(cacat/sakit2an)/penganguran

Tanggapan 1

Posted by |Sep 7, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Imron Hamzah Di tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan on-line. Perlu disampaikan bahwa standar kemiskinan yang digunakan dalam PNPM Mandiri Perkotaan adalah hasil pemetaan yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Bila anda mengikuti kegiatan siklus Refleksi Kemiskinan (RK) dalam PNPM Mandiri Perkotaan maka akan diketahui bahwa refleksi kemiskinan dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran kritis masyarakat terhadap akar penyebab masalah kemiskinan. Kesadaran kritis ini menjadi penting, karena selama ini seringkali dalam berbagai program yang menempatkan masyarakat sebagai ‘objek’ seringkali masyarakat diajak untuk melakukan berbagai upaya pemecahanan masalah tanpa mengetahui dan menyadarai masalah yang sebenarnya (masalah dirumuskan oleh ‘orang luar’). Kondisi tersebut menyebabkan dalam pemecahan masalah masyarakat hanya sekedar melaksanakan kehendak ‘orang luar’ atau karena tergiur dengan ‘iming-iming’ bantuan uang, bukan melaksanakan kegiatan karena benar-benar menyadari bahwa kegiatan tersebut memang bermanfaat bagi pemecahan masalah mereka (masyarakat). Jadi pada intinya standar kemiskinan yang merumuskan adalah masyarakat sendiri dan konsultan mendampingi dalam perumusan tersebut. Hal ini dimaksudkan agar program penanggulangan kemiskinan PNPM Mandiri Perkotaan tepat pada sasaranya karena masyarakat sendiri yang menentukan siapa warga masyarakat yang miskin di wilayahnya. Bisa saja standar kemiskinan suatu wilayah berbeda dengan wilayah yang lain. Demikian yang dapat disampaikan. Wassalam PPM PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.