Pengaduan On-Line

KEBIJAKAN PASKEL

sukma_sejati Dec 1,2009
Selamat Siang, Saya warga desa Caringin kecamatan Cicurug kabupaten Sukabumi, dengan ini mohon penjelasan tentang kewenangan BKM, saya merasa kecewa terhadap pola pendampingan yang dilakukan oleh oknum Faskel yang terkesan memaksakan keinginan sepihak. Pendampingan kurang maksimal di lapangan. Oknum Faskel dimaksud tidak pas menampung masyarakat.

Tanggapan 1

Posted by |Dec 2, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Aceng di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Merujuk buku Pedoman Pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan, peran utama LKM adalah : a. Mengorganisasikan warga secara partisipatif untuk merumuskan Rencana Jangka Menengah (3 thn) penanggulangan kemiskinan (PJM Pronangkis) dan diajukan ke PjOK untuk mencairkandana BLM, b. Sebagai dewan pengambilan keputusan untuk hal-hal yang menyangkut pelaksanaan PNPM Mandiri Perkotaan pada khususnya dan penanggulangan kemiskinan pada umumnya di tingkat komunitas, c. Mempromosikan dan menegakkan nilai-nilai luhur (jujur, adil, transparan, demokratis, dsb) dalam setiap keputusan yang diambil dan kegiatan pembangunan yang dilaksanakan, d. Menumbuhkan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat miskin agar mampu meningkatkan kesejahteraan mereka, e. Mengembangkan jaringan LKM/BKM ditingkat kecamatan, kota / kabupaten sebagai mitra kerja Pemerintah Daerah dan wahana untuk menyuarakan aspirasi masyarakat warga yang diwakilinya, f. menetapkan kebijakan dan mengawasi proses pemanfaatan dana Batuan Langsung Masyarakat (BLM), yang sehari-hari dikelola oleh UPK. Tentang kinerja, Faskel sudah mempunyai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang jelas, sehingga apabila kinerja Faskel keluar dari koridor tupoksinya berarti sudah melanggar perjanjian kerja. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.