Pengaduan On-Line

Program BKM tidak jelas

yeri ivan pelu Dec 10,2009
Yth, pengelolah pnpm, saya sebagai warga Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang Propinsi Sumatera Utara, menyampaikan bahwa program kerja yang dilaksanakan oleh BKM melalui KSM-KSM nya di desa kami banyak yang tidak jelas, diantaranya adalah pelaksanaan pelatihan bengkel tidak jelas hasilnya dengan biaya sekitar Rp.11.000.000,- kemudian dana yang diperuntukkan masyarakat yang tidak mampu yang kemudian dimodalkan untuk tanam jagung sampai sekarang juga tidak jelas hasilnya khusunya dana bantuan yang dicairkan pada tahap II, bantuan dalam bidang ekonomi tidak jelas programnya dan tidak pernah dirasakan manfaatnya sama sekali oleh masyarakat. Masyarakat juga tidak pernah mendapatkan informasi yang jelas baik laporan penggunaan bantuan tahap I maupun Tahap II hingga sekarang, Maka kami sebagai warga masyarakat mohon BKM, Faskel dan KSM untuk diperiksa dan diaudit serta diminta pertanggung jawabannya atas pelaksanaan pnpm di desa kami. Bahwa kami merasa ada indikasi penyelewengan terhadap dana yang dikucurkan oleh pemerintah melalui program pnpm di desa kami, yang pasti masyarakat belum menerima manfaat yang sesungguhnya melaluli program pnpm tersebut.

Tanggapan 1

Posted by |Dec 15, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Sumardi SPd. di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. PPM Pusat telah menyampaikan permasalahn ini kepada TL KMW 4 ( Prov. Sumatera Utara ), untuk meminta klarifikasi terkait dengan pengaduan yang anda sampaikan. PPM Pusat akan menayangkan tanggapan dari TL KMW 4, bila sudah ada klarifikasinya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM - PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by |Dec 21, 2009|
  1. Kepada Yth, Rekan Sumardi SPd di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Bersama ini kami tayangkan klarifikasi dari BKM Tunas Kartika yang diterima oleh PPM Pusat via email dari Sdri. Rina Wargadinata (rinawargadinata@yahoo.com) pada tanggal 18 Desember 2009 jam 07:16 PM , mohon maaf kami tidak menyertakan foto-fotonya yang ada agar dapat masuk ke ruang jawaban yang terbatas ini, akan tetapi kalau anda menghendaki secara utuh kami siap fax kan atau kirim ke alamat anda, mohon dikirim no fax atau alamat anda, dan klarifikasinya sbb : --- Mariendal II, 21 Desember 2009. Kepada Yth. Pengelola PnPm Dengan hormat, Kami atas nama BKM Tunas Kartika Desa Mariendal II Kec. Patumbak Kab. Deli Serdang, merasa perlu untuk menanggapi surat pengaduan via email Sdr. Sumardi, Spd. yang ditujukan kepada Pengelola PnPm tertanggal 10 Desember 2009, yang menyatakan program BKM tidak jelas. Pernyataan Sdr. Sumardi tsb. adalah fitnah , mencemarkan nama baik, dan merupakan pernyataan yang tidak bertangung jawab. Untuk itu perlu kami klarifikasi sebagai berikut :

    informasi selengkapnya dapat dilihat disini,...
    klarifikasi  (Pdf-1,102kb)
    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.