Pengaduan On-Line

Mohon Tindakan

yeri ivan pelu Dec 27,2009
Marindal-II, 27 Desember 2009 Kepada Yth, PNPM Pusat di Tempat 1. Mohon ditindak lanjuti penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh oknum koordinator BKM Tunas Kartika Desa Marindal-II Kecamatan Patumbak Kab. Deli Serdang Sumut yang bernama LISMAWATI SIREGAR, yang melakukan pungutan biaya kepada KSM Pedagang dengan alasan yang tidak jelas. 2. Perlu diketahui oknum tersebut diatas memungut biaya antara Rp.25.000,- kepada salah satu KSM Pedagang bahkan ada yang dikutip Rp.50.000,-/pedagang dan dengan janji akan dikucurkan dana bergulir dari PNPM yang dikelolah UPK dan hingga sampai saat ini tgl, 27 Desember 2009 dana bergulir yang dijanjikan tersebut belum dapat direalisasikan. 3. Oknum tersebut diatas selalu memberi informasi yang tidak jelas kepada para pedagang yang dijanjikan tersebut, dengan informasi bahwa dana tersebut belum cair, padahal kenyataannya dana sudah ada direkening BKM Tunas Kartika yang besarnya RP.20.000.000,- bahkan diketahui juga bahwa ketua Unit Pengelolah Keuangan (UPK) telah mengundurkan diri dari jabatannya. 4. Untuk hal tersebut diatas, maka saya selaku warga dan mewakili warga yang lain memohon penjelasan dan segera untuk ditindak lanjuti tindakan yang dilakukan oleh koordinator BKM (Lismawati Siregar) dengan tindakannya tersebut diatas apakah dapat dibenarkan. 5. Bahwa saya memohon agar Koordinator BKM tersebut diganti dan diproses jika dianggap telah melakukan penyelewengan dan penyalahgunaan wewenang agar dana PNPM yang dikucurkan oleh pemerintah untuk desa kami dapat terselamatkan. 6. sebagai Evaluasi pelaksanaan program PNPM di desa Marindal-II yang dilaksanakan oleh BKM Tunas Kartika diketahui tidak berjalan sebagaimana mestinya seperti : a. Pelaksanaan pelatihan bengkel tidak berjalan dengan baik dengan anggaran Rp.11.000.000,- bukti yang ada hanya alat praktek. b. pelatihan pembuatan tas juga tidak berjalan karena dari beberapa orang yang dilatih hanya 1 0rang yang dianggap bisa dan pelatihannya pun hanya berjalan beberapa hari saja tidak sesuai dengan rencana. c. KSM perikanan yang menerima dana sebesar Rp.5.000.000,- namun kenyataannya hanya Rp.4.500.000,- yang diterima oleh KSM pengelolahnya dari dana sosial orang yang tidak mampu yang dimodalkan untuk kegiatan ekonomi produktif belum ada realisasinya. d. janji akan membuat papan informasi perkembangan pnpm untuk masyarakat yang pernah dijanjikan dalam rapat evaluasi tanggal, 20 Desember 2009 di aula kantor desa Marindal-II sampai saat ini tidak ada realisasinya.

Tanggapan 1

Posted by |Jan 7, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan Sumardi SPd. di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online.Berdasarkan Kronologis Klarifikasi BKM Tunas Kartika, yang kami terima tgl. 22 Desember 2009, jam 16. 19 WIB, dalam poin 3 menyatakan : Pada hari Minggu tanggal 20 Desember 2009, jam 19.00-23.30 WIB, telah melakukan Rapat Evaluasi Kegiatan BKM di kantor Desa, yang dihadiri oleh Kepala Desa, Sumardi, BKM, KSM, tokoh masyarakat dan warga, hasil dari rapat tersebut adalah Pengaduan online Sumardi ke PNPM tidang diperpanjang dan dianggap selesai, tertuang dalam Berita Acara.
    (lihat http://www.pnpm-perkotaan.org/pengaduandetil.asp?mid=880&catid=1&)
    Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, PPM-PNPM Mandiri Perkotaan.

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.