Pengaduan On-Line

LKM dan Faskel Jagoan ...

eko oktiono Feb 17,2010
Desa Tunggul Irang Ulu, Kec. Martapura Kota, Kab. Banjar, Kalimantan Selatan 1. Penyalahgunaan kekuasaan --------------------------- Pada Tahap I, juni 2009 salah seorang anggota LKM membentuk KSM pelaksana dan mengatur semua administrasi dan keuangan dari proposal sampai laporan pertanggung jawaban.padahal anggota LKM tidak diperbolehkan menjadi pelaksana kegiatan. Pelaksanaan pelaporan sempat molor hingga menelantarkan jadwal program hingga terpaksa dibuat surat teguran dan pembekuan dana termin III, namun diselesaikan secara sepihak dan tidak terbuka antara Anggota LKM ybs, UPL dan Faskel teknik. Pada Tahap II, Desember 2009 masih anggota LKM tersebut di atas membentuk lagi KSM untuk kegiatan sosial pengadaan tenda dengan cara yang sama, dan sampai sekarang pengadaan tenda tsb belum terealisasi. Padahal dananya sudah seluruhnya dicairkan pada bulan desember 2009. Hal tersebut sudah berulang kali dilaporkan kpd faskel, kepala desa, dan Pemda lewat media online namun sampai sekarang belum ada tindakan. 2. Sekretariat LKM dan UPK tidak transparan ------------------------------------------- Penggunaan dana BOP LKM yang dicatat dan disimpan di sekretaris LKM tidak transparan, LKM tidak melaksanakan Rapat Rutin, Rapat Fiktif (Absen dan tandatangan saja), dan ketidak mampuan Anggota LKM/UPL dalam menyelesaikan penyimpangan program dan pelaksanaan kegiatan infrastruktur yang tidak sesuai dengan gambar teknis. Penyaluran dana bergulir oleh Unit Pengelola Keuangan (UPK) yang diketuai oleh Ibu Kepala Desal cenderung bermasalah karena tidak memiliki personel dan penggunaan "Uang Jasa" dari kredit yang disalurkan tidak jelas. "Ibu Pambakal" juga pernah menyalurkan dana bergulir selain dari PNPM yang berakhir tanpa kejelasan. ------------------------------------------------------- Mohon dari pihak P2KP tidak melemparkan tanggungjawab kepada masyarakat desa dengan alasan pemberdayaan, bukankankan kami belum berdaya ...? Terimakasih atas segala perhatiannya.

Tanggapan 1

Posted by |Feb 23, 2010|
  1. Kepada Yth, Rekan M As'ad Eko Prihatno di Tempat Terima kasih telah menggunakan pengaduan online. Mohon maaf atas keterlambatan merespon pengaduan anda. Perlu di ketahui yang melaksankan kegiatan dan membentuk KSM/Panitia adalah menerima manfaat. Salah satu prinsip PNPM Mandiri Perkotaan adalah Transparansi dan akuntabel, artinya masyarakat harus memiliki akses yang memadai terhadap segala informasi dan proses pengambilan keputusan, sehingga pengelolaan kegiatan dapat dilaksanakan secara terbuka dan dipertanggungjawabkan baik secara moral, teknis, legal maupun administratif. Untuk tindaklanjutnya kami sudah menyampaikan permasalahan ini kepada KMW Prov. Kalimantan Selatan - OC 06, untuk mengklarifikasi terkait pengaduan ini, PPM akan menayangkan tanggapan dari KMW Prov. Kalimantan Selatan, bila sudah ada klarifikanya. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Salam, PPM - PNPM Mandiri Perkotaan

Tanggapan 2

Posted by eko oktiono |Mar 11, 2010|
  1. Terimakasih atas tanggapan PPM-PNPM MP, ... khabar terbaru dari saya bahwa persoalan yang saya laporkan tersebut sudah dimusyawarahkan secara terbuka oleh berbagai komponen masyarakat di desa. dan pihak korkot sudah berjanji untuk menyelesaikan masalah tersebut bersama dengan pihak aparatur desa secara internal. Atas permintaan banyak pihak agar masalah tersebut tidak diexpose lebih jauh, maka saya mohon PPM dapat mengahapus pengaduan saya terdahulu dari daftar pengaduan. sekali lagi terima kasih banyak atas segala perhatiannya.

Pengaduan Online

    Pengaduan Online dipergunakan untuk menyampaikan informasi yang bersifat pengaduan tentang pelaksanaan KOTAKU. Tidak diperkenankan mengirimkan pengaduan yang berupa fitnah, hasutan, penghinaan, pelecehan, pornografi, narkoba, pendapat yang berbau SARA (Suku, Agama, Ras, dan Antar golongan), iklan (advertising) dan bernuansa politik apapun bentuknya secara Online. Pergunakan bahasa yang sopan dan berkaidah.

    PPM Pusat akan memfasilitasi setiap pengaduan yang masuk di pengaduan on-line bila :
    1). Menyebutkan lokasi kejadian yang diadukan secara lengkap (ada nama Kel/Desa, Kecamatan, Kab/Kota dan Provinsi)
    2). Isi pengaduan (substansi) terkait dengan pelaksanaan KOTAKU.
    3). Disertai dengan bukti-bukti pendukung terhadap permasalahan yang diadukan untuk menghindari terjadinya fitnah.

    Jika Anda berkeinginan untuk menuliskan pesan/tulisan yang bersifat "pengaduan KOTAKU" mohon gunakan fasilitas Pengaduan online.